Dua Pesilat SMPM Jipat Karangasem Paciran Sabet Juara Nasional di Nganjuk

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Dua Pesilat SMP Jipat Karanmgasem sebutan SMP Muhammadiyah 14 Pondok Pesantren Karangasem Paciran, Lamongan meraih juara dalam event Premier League Pencak Silat (PLPS) Anjuk Ladang Tournament 1 di Nganjuk, Jawa Timur 2024, di Tingkatan Usia Pra Remaja (SMP).

Kegiatan PLPS Anjuk Ladang Tournament 1 digelar panitia dalam rangka memperebutkan Piala Kemenpora RI, Dandim 0813 Nganjuk, dan Kadisporabudpar Kabupaten Nganjuk. Acara berlangsung empat hari, Ahad sd Rabu (23-26/10/2024) yang bertempat di Gedung Juang 45 Kabupaten Nganjuk.

Kejuaraan PLPS Anjuk Ladang Tournament 1 2024 tingkat nasional diperuntukkan bagi peserta pesilat pelajar tingkat SD sederajat, tingkat SMP sederajat, tingkat SMA sederajat Beginner dan Expert, serta Mahasiswa atau Umum. Adapun katagorinya tanding dan seni (Tunggal, solo creative, dan regu) putra/putri kelas A (26-28 kg) sampai kelas J (di atas 90-95 kg).

Khusus katagori Pra Remaja (SMP) terdiri dari kelas A sd P dengan berat badan minimal 30-33 kg dan di atas 75-78 kg. SMPM Jipat Karangasem Paciran mengirim 2 pesilat putra dikatagori Tanding di kelas E dengan berat badan di atas 42-45 kg.

Dua Pesilat yang dikirim: pertama, Nakhlah Rafif Adiyatma, siswa kelas VIII-A asal Kota Budak Kabupaten Gresik. Putra pasangan dari Sumarsono dengan Dewi, lahir Gresik, 07 Juni 2009. Kedua, Dicky Arya Senna, siswa kelas VIII-C, kelahiran Lamongan, 23 April 2012, berasal dari Solokuro Lamongan, putra pasangan dari Nazikin dengan Elly Shofiyah.

Dengan tekad dan kesiapan mental yang tinggi, Rafif dan Senna berangkat ke Kota Angin untuk mengukir prestasi yang baik. Orang tua Senna turut mendampingi dan senantiasa memberikan motivasi positif kepada dua pesilat.

Suminto, MPd, Wakil Kepala SMPM Jipat Bidang Kesiswaan menyampaikan kepada reporter lintasjatimnews.com, “Di Event PLPS Anjuk Ladang Tournament 1 2024, kami mengirim 2 pesilat di katagori Tanding kelas E. Di tengah moment liburan semester genap Tahun Pelajaran 2023-2024,” jelas Guru Bahasa Inggris.

“Terima kasih kepada wali Dicky Arya Senna (bapak Nazikin) yang telah setia mengantarkan putranya dan turut mengantar Nakhlah Rafif Adiyatma dari rumah hingga ke tempat perlombaan di Kabupaten Nganjuk. Kerja sama yang baik antara orangtua (wali siswa) dengan sekolah merupakan nilai positif yang harus dibangun,” pungkasnya.

Laporan dari orangtua siswa Nakhlah Rafif Adiyatma yang mendampingi (Nazikin) di ajang PLPS Anjuk Ladang Tournament 1 2024 yang bertempat di Gedung Juang 45 Kabupaten Nganjuk. Rafif dan Senna bertanding pada hari Selasa dan Rabu (25-26/6/2024) 6 kali dan 3 kali sampai mencapai puncak final.

Menurut Nazikin, “Pada pertandingan final, Rafif melawan pesilat melawan Farellino Putra Prianra dari Kontingen Satrio Harimurtia. Sedangkan Senna melawan pesilat Fauzan Asidik dari Kontingen Wira Laga. Kedua lawan yang dihadapi pesilat SMPM Jipat Karangasem sangat tangguh sehingga takluk dan harus puas diurutan kedua dan ketiaga,” Pungkasnya.

Atas prestasi yang diraih Rafif dan Senna, keduanya berhak mendapatkan Medali, Sertifikat, dan Dana Pembinaan dari panitia penyelenggara. Selamat dan sukses pesilat SMPM Jipat Karangasem, teruslah berlatih untuk mengembangkan bakat yang kalian miliki dalam rangka mengikuti di event berikutnya.

Reporter: Efendy