Wartawan Rakyat Merdeka Menangkan Lomba Foto CTJ 2024

Listen to this article

JAKARTA lintasjatimnews – Wartawan foto dari Rakyat Merdeka, Dwi Pambudo, berhasil meraih juara pertama dalam lomba foto bertema “Embracing Sustainable Tourism Through Your Lens” yang diselenggarakan oleh Konfederasi Jurnalis Thailand (CTJ). Dwi Pambudo mengalahkan fotografer-fotografer pers dari berbagai negara anggota Konfederasi Jurnalis ASEAN (CAJ) dalam kompetisi foto tahun 2024 ini.

Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal konfederasi Wartawan ASEAN, Dar Edi Yoga, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (25/6).

Belum lama ini, Konfederasi Jurnalis Thailand (CTJ) mengundang jurnalis dan fotografer pers dari negara-negara anggota Konfederasi Jurnalis ASEAN (CAJ) untuk berpartisipasi dalam lomba foto tahun 2024 dengan tema “Embracing Sustainable Tourism Through Your Lens.”

“Konfederasi Jurnalis Thailand (CTJ) sangat yakin bahwa pariwisata berkelanjutan adalah cara bagi negara-negara di kawasan untuk merevitalisasi industri pariwisata sekaligus menjaga lingkungan,” kata Thepchai Yong dari CTJ. Dia pun menekankan pentingnya peran fotografi dalam mendukung pariwisata berkelanjutan.

Dikatakannya, lomba ini diadakan karena pariwisata kembali menjadi motor penggerak utama perekonomian negara-negara ASEAN pasca pandemi Covid-19, meskipun ada kekhawatiran mengenai dampak lingkungan yang ditimbulkannya.

Sementara, Presiden CAJ, Atal S Depari, menyambut baik inisiatif lomba fotografi ini. “Perlombaan semacam ini dapat memperkuat hubungan antarwartawan dari negara-negara ASEAN, serta meningkatkan pemahaman akan kekayaan budaya dan alam yang dimiliki oleh masing-masing negara,” ujarnya. Atal juga memberikan ucapan selamat kepada para pemenang yang dipilih dari 108 foto yang dikirim peserta dari berbagai negara anggota ASEAN.

Usai mendapat berita gembira tersebut, Dwi Pambudo, fotografer Rakyat Merdeka mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada CTJ dan CAJ atas informasi dan kesempatan dapat ikut serta dalam ajang lomba foto jurnalistik,” kata Dwi Pambudo, Selasa (25/6). Dia juga mengapresiasi dan memberi selamat kepada penyelenggara serta pemenang lain yang telah menghasilkan karya foto jurnalistik yang bersemangat dan berkolaborasi untuk kemajuan pariwisata Indonesia dan ASEAN.

“Semoga penyelenggaraan photo contest CTJ bisa berkelanjutan,” tutup Dwi Pambudo yang telah dua kali menjuarai lomba foto CAJ.

Berikut ini adalah nama para pemenang lomba yang diumumkan panitia lomba pada Senin (24/6).

Hadiah Pertama (US$1.000)

  • Dwi Pambudo, Indonesia
  • Foto: “Nepal Van Java” di Desa Butuh, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Hadiah Kedua (US$700)

  • Apinan Buahapakdee, Thailand
  • Foto: Rekonstruksi cara hidup pawang yang berburu gajah liar di Provinsi Surin

Hadiah Ketiga (US$500)

  • Arie Basuki, Indonesia
  • Foto: Penduduk Hindu Bali di Pura Ulun Danu Beratan, Pulau Bali

Hadiah Hiburan (masing-masing US$200)

  • Rhoy Cobilla, Filipina
  • Foto: Petualang menyelam di perairan Pulau Polipol, Bani, Pangasinan
  • Raniel Jose M Castaneda, Filipina
  • Foto: Sawah Terasering Banaue

Reporter: ahmadh