Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Selenggarakan Bimtek Pengelolaan Dana BOSP

Listen to this article

BATU lintasjatimnews – Kepala Sekolah dan Bendahara SMP Negeri dan Swasta sekabupaten Lamongan mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Dana BOSP Berbasis Sumber Daya Sekolah pada Pemerintah Daerah Tahun 2024 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan bertempat di Hotel Golden Tulip Batu, Senin sampai Rabu 24-26 Juni 2024. Kegiatan tersebut merupakan gelombang ke-3 dari empat gelombang yang direnacanakan.

Pembukaan Bimtek Pengelolaan Dana BOSP tersebut dihadiri dan dibuka secara resmi oleh kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan. Turut hadir dan dalam pembukaan tersebut kepala Bidang SMP, Kepala Bidang Perencanaan, dan Tim Perencanaan Berbasis Data Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan.

Ketua Panitia penyelenggara, Aris dalam sambutannya menyampaikan bahwa tindak lanjut dari kegiatan Bimtek pengelolaan dana BOSP adalah: 1) ARKAS menjadi aplikasi Tunggal untuk seklah dalam perencanaan dan pelaporan penggunaaan Dana BOSP, 2) MARKAS menjadi aplikasi Tunggal untuk Dinas Pendidkkan dalam pengelolaan Dana BOSP.

Lebih lanjut Aris menuturkan bahwa diselenggaraknnnay Bimtek Pengelolaan Dana BOSP sebagai upaya dalam mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya sekolah (SDS) utamanya ARKAS oleh Satuan Pendidikan dan Markas oleh Dinas Pendidikan. Melalui ARKAS diharapkan pengelolaan dana BOSP pada satuan Pendidikan akan lebih transparan, akuntabel, dan berkesinambungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Ir. Munif Syarif, M.M. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dengan pengelolaan dana BOSP yang baik, apa yang diprogramkan dan dihasilkan dalam setiap kegiatan di satuan Pendidikan akan menjadi penopang dalam memajukan Pendidikan. Lebih lanjut Munif berharap kegiatan yang dilakiuakan di setiap satuan pendidika hendaknya direncanakan dengan matang, dengan menerapkan perencanaan berbasoss data.

Munif juga memaparkan capaian-capaian Pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Lamongan terutama yang berkaitan dengan Pendidikan. Capaian Pendidikan juga menjadi penyumbang capaian indeks pembagunan manusia (IPM) kabupaten Lamongan yang mencapai di atas rata-rata provinsi maupun nasional.

Munif Juga mengapresiasi kegiatan bimtek yang dilaksanakan bersama SMP Negeri dan Swasta. Hal ini sangat baik dan perlu ditindaklanjuti dalam kegiatan-kegiatan lainnya terutama dalam rangka meningkatkan prestasi peserta didik.

Kegiatan Bimtek Pengelolaan Dana BOSP Berbasis Sumber Daya Sekolah direncanakan empat gelombang. Dua gelombang pertama sudah terlaksana yaitu pada tanggal 4 s.d. 6 Juni dan gelombang ke-2 pada tanggal 11 s.d. 13 Juni 2024. Yang sedang berlangsung adalah gelombang ke-3 tanggal 24 s.d. 26 Juni 2024. Sedangkan Gelombang terakhir akan dilaksanakan pada tanggal 2 s.d. 4 Juli 2024 di tempat yang sama. Gelombang 1, 2, dan 4 peserta bimtek adalah Kepala dan/atau bendahara BOSP SD Negeri maupun Swasta sedangkan gelombang ke-3 pesertanya kepala dan/atau bendahara BOSP SMP Negeri maupun Swasta.

Dikutip dari Buku Panduan Bimbingan Teknin Pengelolaan Dana BOSP, disebutkan bahwa narasumber yang akan memberi materi dan membimbing peserta di antaranya Tim BOSP Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, BPKAD Lamongan, Inspektorat Kabupaten Lamongan, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, KPP Pratama Kabupaten Lamongan, dan Bank Jatim. Adapun materi yang dibahas antara lain Kebijakan Umum Pendidikkan, Perencanaan Berbasis Data untuk Satuan Pendidikan, Orientasi Kegiatan Advokasi Pemda dan Satuan Pendidikan terkait Pelaporan Dana BOSP melalui ARKAS, Kebijakan dan Pengawasan Dana BOSP, Perpajakan Nasional, Aplikasi ARKAS dan MARKAS, aplikasi SIPLah, dan serta Kebijakan Dana Transfer Daerah.

Reporter: M. Said