Pemberdayaan Penanggulangan Ekonomi Ketapang MEK PDA Surabaya

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews – Rihlah Ekonomi Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan Pimpinan Daerah Aisyiyah Surabaya, di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, jalan Pagesangan II nomer 54 Pagesangan Jambangan Surabaya, Kamis 20/6/2024.

Kegiatan ini meliputi pengenalan tanaman, pengenalan tanaman hidroponik dan pengenalan budidaya ternak. Sebanyak 22 cabang mengikuti acara tersebut, yang mana kegiatan ini merupakan kegiatan periodik MEK PDA Surabaya.

Ketua MEK PDA Surabaya, Any Faridah menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan dari divisi Ketahanan Pangan (Ketapang), dengan salah satu tujuannya yaitu pemberdayaan ekonomi tidak hanya pada bidang UMKM, tetapi dengan menanam tanaman di lingkungan rumah yang bisa di konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari.

Any Faridah mempunyai harapan yang besar, “Kami berharap apa yang di dapatkan dalam kegiatan ini bisa bermanfaat untuk lingkungannya masing-masing, terutama di rumah kita”, katanya.

“Di dalam majelis ekonomi ada pemberdayaan, untuk penanggulangan ekonomi, tujuannya juga biar anggota Aisyiyah itu tidak terlalu berdampak pada harga kebutuhan sayur mayur, walau ada kenaikan tetapi bisa mengolah keuangannya untuk berhemat dengan memanfaatkan tanaman yang sudah ditanam”, terangnya.

“Dan kegiatan ini jika di aplikasikan di rumah, bisa menjadikan hoby dan bisa menjadi hiburan tersendiri dan menghilangkan stres dalam kehidupan sehari-hari, tetapi kami tidak berharap berhasil sepenuhnya karena semua membutuhkan proses, pasti ada kendala yang akan di dapat, tentunya kondisi Surabaya juga merupakan salah satu penyebabnya” ulas Any

“Terimakasih kepada ibu-ibu MEK PCA, hari ini mereka sangat antusias dalam belajar, Alhamdulillah atas dukungan mereka program berjalan dengan baik, dan kedepan ada tindak lanjut dari program belajar bertani dan beternak pada hari ini, dengan harapan bisa di terapkan ke cabang masing-masing”

Program Rihlah Ekonomi merupakan program dari Divisi Ketahanan Pangan (Ketapang) salah satu divisi Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan, Ulfi Choiriyah sebagai ketua divisi dan Rina Makatita anggota divisi, di akhir acara memberikan PR kepada para MEK PCA yang hadir, mereka dibawahi bibit tanaman yang nantinya jadi bahan penelitian perkembangan tanaman di rumah, sebagai tindak lanjut acara tersebut.

Reporter : Heni