Upacara Bendera 17-an di Makodim 1307/Poso: Kasdim 1307/Poso Menghadirkan Pesan Khusus dari Pangdam XIII/Merdeka

Listen to this article

POSO lintasjatimnews – Anggota Kodim 1307/Poso melaksanakan Upacara Bendera 17-an yang diadakan dengan khidmat di Lapangan Upacara, Jln. Urip Sumoharjo, Kelurahan Bonesompe, Kecamatan Poso Kota Utara, Kabupaten Poso. Upacara ini dipimpin oleh Kasdim 1307/Poso, Mayor Inf Ahmad Jayadi, dengan dihadiri oleh seluruh jajaran dan ASN Kodim 1307/Poso. Rabu, (19/06/2024).

Dalam upacara tersebut, Mayor Inf Ahmad Jayadi bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), didampingi oleh Kapten Inf Ismail Beta sebagai Perwira Upacara (Paup) dan Kapten Inf Muh Basir Manra sebagai Perwira Dalam Upacara (Danup). Suasana upacara terasa khusyuk dengan kehadiran seluruh prajurit dan ASN Kodim 1307/Poso.

Dalam kesempatan tersebut, Kasdim 1307/Poso, Mayor Inf Ahmad Jayadi membacakan Amanat Pangdam XIII/Merdeka yang memulai dengan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kesempatan untuk melaksanakan upacara dengan baik dan dalam keadaan sehat walafiat. Beliau juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah kepada seluruh umat Islam.

Mayor Inf Ahmad Jayadi menyampaikan bahwa, Pangdam XIII/Merdeka memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Prajurit dan ASN Kodam XIII/Merdeka atas kinerja optimal mereka dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Beliau menegaskan pentingnya profesionalisme Prajurit TNI yang harus selalu menjadi contoh yang baik, baik dalam tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam amanatnya, Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Candra Wijaya juga mengingatkan kepada seluruh anggota Kodam XIII/Merdeka untuk menjaga nama baik satuan dan citra TNI AD dengan menghindari segala bentuk pelanggaran dan perbuatan yang tidak terpuji. Beliau juga mengajak seluruh anggota untuk bersinergi dengan komponen bangsa lainnya dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

Upacara Bendera 17-an ini juga menjadi momentum untuk mengingatkan seluruh anggota Kodam XIII/Merdeka tentang beberapa program unggulan TNI AD yang sedang dilaksanakan, seperti Ketahanan Pangan, TNI AD Manunggal Air, program pengentasan stunting, Bersatu dengan Alam, serta Renovasi RTLH dan MCK.

“Laksanakan program unggulan tersebut secara maksimal. Setiap satuan juga harus selalu siap membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam sebagai bagian dari tugas OMSP (Operasi Militer Selain Perang)” pesan Pangdam.

Mengakhiri amanatnya, Pangdam XIII/Merdeka menekankan beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan :

Pertama, Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam setiap pelaksanaan tugas serta dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, Sadari bahwa Kodam XIII/ Merdeka adalah tempat kita bernaung saat ini. Jaga harkat dan martabat serta wibawa Kodam XIII/Merdeka dengan segenap hati dan perbuatan.

Ketiga, Laksanakan semua tugas dengan niat berbuat yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas, demi kejayaan Kodam XIII/Merdeka.

Keempat, Bersama seluruh komponen bangsa yang ada di Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah, mari kita semua bersinergi, bahu-membahu, mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Akhirnya, marilah kita semua berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memohon agar selalu diberi petunjuk dan bimbingan untuk dapat terus berbakti kepada satuan, rakyat, bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Reporter : ihwan