PRM Sendangagung Sembelih 8 Sapi dan 40 Kambing di Idul Adha 1445

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Sendangagung, Paciran, Lamongan, Jawa Timur menyembelih hewan kurban 8 ekor sapi dan 40 ekor kambing untuk Idul Adha 1445 tahun ini, Senin (17/6/2024).

Penyembilihan hewan dilakukan di 3 lokasi berbeda, Masjid An-Nur, Mushalla Nurul Huda Mejero, dan Mushalla Darul Adzkar Kampungbaru. Semua penyembelihan dilaksanakan Senin, 17 Juni 2024 kecuali di Darul Adzkar dilaksanakan Selasa 18 Juni 2024.

Wakil Ketua PRM Bidang Kesejahteraan Sosial dan ZIS Sekar Gondo SPdI melaporkan jumlah penyembelihan hewan kurban di PRM Sendangagung; 8 ekor sapi dan 40 ekor kambing dengan rincian di Masjid An-Nur 5 sapi 21 kambing, di Mushalla Nurul Huda 1 sapi 10 kambing dan di Mushalla Darul Adzkar 2 sapi dan 9 ekor kambing.

Untuk di Masjid An-Nur, 3 ekor sapi hasil patungan, dengan rincian patungan dari warga/jamaah berjumlah 18 orang atas nama Aisyiyah dan NA. 2 ekor sapi masing-masing dari H Warjadi dan dari H. Milkan. Dan di Mushalla Nurul Huda 1 ekor sapi dari patungan keluarga H Abd Ghofar. Dan di Mushalla Darul Adzkar 2 ekor sapi dari patungan jamaah mushalla setempat. Hal ini ungkap oleh Ahmad Muhtar MPd, Ketua PRM Sendangagung yang juga menjabat Ketua Takmir Masjid An-Nur Sendangagung.

“250 lebih warga terlibat dalam proses kegiatan ini, dari unsur bapak-bapak, pemuda atau Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM )
dan 50 lebih ibu-ibu Aisyiyah dan Nasyiatul Aisyiyah (NA),” jelas suami Kinayati ini.

Takmir Mushalla Nurul Huda, H Abdul Ghofar mengungkapkan bahwa di mushalanya rutin tiap tahun selalu ada kegiatan penyembilihan hewan, hanya saja untuk kambing yang datang dari warga sekitar Mejero sering tidak memberi laporan terlebih dahulu, datang di hari H penyembilihan.

Ketua Takmir Mushalla Darul Adzkar, Yusuf Abidin menyampaikan kepada wartawan LJN, bahwa di mushalla yang berdiri tahun 2018 ini selalu meningkat, dari awalnya 2 ekor kambing dan tahun lalu 4 ekor kambing, tahun ini 2 ekor sapi dan 9 kambing.

“Alhamdulillah tahun ini juga lebih ramai, kurang lebih 100 orang terlibat dalam kegiatan ini, semoga tahun depan lebih baik dan lebih banyak hewan kurbannya,” harap pria yang sehari-hari mengajar di SMPM 12 dan Ponpes Al-Ishlah Sendangagung ini.

Reporter Gondo Waloyo