Jamaah Ranting Muhammadiyah Parengan, Berkurban 12 Ekor Sapi dan 22 Ekor Kambing

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Istiqomah dalam berkurban, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Parengan, Cabang Pangkatrejo (Kecamatan Maduran) berhasil memotivasi dan mengajak Jamaah Muhammadiyah untuk berkurban. Dari sejumlah mudhohi terkumpul hewan kurban sebanyak 12 ekor sapi dan 22 ekor kambing. Hewan-hewan kurban tersebut disembelih di dua tempat, yaitu di halaman Masjid Al-Arqom dan Masjid Al-Furqon, Senin (17/06 2024)

Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Parengan H. Miftahul Khoiri menjelaskan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Parengan secara Istiqomah setiap hari raya Idul Adha memotivasi dan mengajak Jamaah Muhammadiyah untuk berkurban, baik kurban kambing maupun kurban sapi secara sisrkah. Dan sesuai syariat, sirkah satu ekor sapi sebanyak tujuh orang. Alhamdulillah tahun ini Ranting Muhammadiyah berhasil mengumpulkan hewan kurban sebak 12 ekor sapi dan 22 ekor kambing, jelas H. Miftah, pemilik perusahaan kain tenun ikat yang sudah kodang.

Sementara itu, Muhammad Said, Sekretaris Takmir Masjid Al Furqon, menjelaskan bahwa kurban itu bagian dari ibadah sekaligus meneladani kisah nabi Ibrahim dan Ismail yang disebutkan di dalam Quran Surat Asshoffat Ayat 102-107.

Lebih lanjut Said mengungkapkan, kurban ini sebagai wujud rasa syukur atas rezeki yang diberikan Allah kepada. Bahkan ada kisah nyata, banyak di antara para mudhohi (shohibul qurban), mereka meyakini ketika sudah berkurban Allah Swt senantiasa melimpahkan rezeki pada dirinya

Ada kisah nyata, seseorang yang mengawali menyerahkan hewan kurban atau ikut syirkah kurban, maka tahun berikutnya rezeki senantiasa datang tak terduga dan senantiasa diringankan dan dimudahkan untuk mengeluarkan dana ikut syirkah kurban atau beli seekor kambing untuk ibadah kurban, papar Said.

Said menambahkan, penyembelihan hewan kurban dan proses penjagalan serta pentasarufan melibatkan 150 an orang tua maupun muda dan jagal profesional. Hampir seluruh Shohibul qurban ikut serta di dalamnya.

Empat ekor sapi dan tujuh ekor kambing dijagal di halaman Masjid Al-Furqon. Adapun di Al-Arqom disembelih sebanyak delapan ekor sapi dan 15 ekor kambing.

Daging hewan kurban disalurkan pada masyarakat desa Parengan. Mudhohi atau yang berkurban baik kurban kambing maupun syirkah sapi mendapatkan bagian daging kurban sebanyak empat kilo dan satu teklik sapi/dua teklik kambing. Selebihnya diapaketi 1- 2,5 kg untuk ditasarufkan kepada warga di desa Parengan sesuai kualifikasi yang telah ditentukan dalam musyawarah dengan shohibul qurban dan sebagian ditasarufkan melalui Lazismu Lamongan

Suasana kegiatan penyembelihan hewan kurban di Masjid Al-Arqom maupun Al-Furqon tampak guyub, rukun penuh canda. Mereka senang bisa melibatkan dirinya dalam penyembelihan hewan kurban dan pembagian daging kurban.

Selain di dua titik tersebut yang merupakan komunitas Jamaah Muhammadiyah, di Parengan juga ada dua titik penyembelihan hewan kurban, yaitu di Masjid Jami’ oleh komunitas jamaah Nahdhiyin dan di Masjid Babus Salam, oleh komunitas jamaah LDII.

Reporter : M. Said