Jidor Sendangagung Turut Meriahkan Pelantikan PCIPM dan Rakercab Paciran

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Jidor Surya Nada SMPM 12 Sendangagung, Paciran, Lamongan, Jawa Timur turut meriahkan kegiatan pelantikan PCIPM dan Rakercab Paciran di Aula KH Abdurrahman Syamsuri Pondok Pesantren Karangasem Paciran, Ahad (9/6/2024).

Jidor Surya Nada yang berdiri tahun 2022 ini mampu menggetarkan panggung Aula KH Abdurrahman Syamsuri dan membuat 450 hadirin terkesima dan terdiam, semua pandangan dan perhatian tertuju pada penampilan jidor yang menghentak rancak nan harmonis ini.

Dua Master of Ceremoni (MC) Maulida Auliya dan Alifah Fikriyatuz dari Madrasah Aliyah Muhammadiyah Satu Karangasem (Mamsaka) Paciran berulangkali kali memuji musik jidor yang baru pertama kali didengar. “Ini unik dan apik ketika terdengar hentakan musiknya terasa penuh semangat namun santun dan bersahaja,” komentar dua MC saling bersahutan.

Ketua Panitia M Farel Adi Priyanto, “Pelantikan ini diikuti seluruh personalia Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Paciran Periode 2023/2025, serta Pimpinan Ranting Se-cabang Paciran dan untuk memeriahkan kegiatan Pelantikan dan Rakercab ini dihadirkan jidor dari IPM Ranting Sendangagung sebagai wadah pertunjukan agar jidor lebih dikenal oleh masyarakat Paciran dan sekitarnya,” jelasnya.

Koordinator Jidor Surya Nada, Iwantoro SPd menjelaskan “Jidor adalah musik tradisional khas Sendangagung yang kini bertransformasi dan berkolaborasi dengan alat musik gamelan Jawa. Hal ini membuat jidor lebih mudah dikenali generasi muda saat ini,” terang pria yang mengajar di SMPM 12 dan MIM 13 Sendangagung ini.

Penampilan jidor yang dimainkan 15 penabuh ini diawali dengan lagu Sang Surya, Perahu Layar, Lir Ilir, Burung Kutilang, Gambang Suling, Taman Jurug, Suwe Ora Jamu, Gilang Sipatu Gilang dan Sayonara. Selama 15 menit musik jidor ini dilantunkan tak satu pun hadirin berkutik dari tempatnya seolah takjub melihat musik yang identik dimainkan orang tua kini dimainkan anak belia, pelajar SMP Muhammadiyah 12 dan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 13 Sendangagung ini.

15 anggota Jidor Surya Nada yang tampil di acara ini adalah;

  1. Faiz Zaid Ramadhan
  2. Usamah Dzul Fahmi
  3. Razzan Ahmad Faiq
  4. Aqsho Miezatlie
  5. M Bashirufi Zaghlul
  6. M Nabil Elzar
  7. Susilo Ahmada
  8. Giftianabil Abqary Fawwaz
  9. Deevan Rafandra
  10. M Ilham Nur Alamsyah
  11. Husni Muzakki Aisyi
  12. Aldan Iman Asyadda
  13. Rizqullah Abrar Maulana
  14. Wulida Briliant Arasyad
  15. M Safir Az Zahir.

Reporter: Gondo Waloyo