Kunjungi Rumah Adat Sasak Sade, Dandim Loteng: Kasdam IX/Udayana Kagum Presean Sasak Pacu Adrenalin

Listen to this article

LOMBOK TENGAH lintasjatimnews.com – Kepala Staf Kodam (Kasdam) IX/Udayana, Brigadir Jenderal TNI Hartono S.I.P, kagum dengan tradisi Presean sasak sebagai tradisi salam sambut untuk para wisatawan yang datang berkunjung ke rumah adat Sasak Sade.

Kekaguman tersebut di ungkapkan Dandim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara saat mendampingi Kasdam IX/Udayana beserta rombongan mengunjungi lokasi wisata rumah adat sasak sade, di desa Rembitan, kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah.

“Kasdam sangat terkesan dan kagum dengan tradisi Presean, karena seni bertarungnya menggunakan rotan dan perisai dan sangat memacu adrenalin,” kata Dandim saat mendampingi kasdam IX/Udayana kunjungi rumah adat Sasak Sade Sabtu, (8/6/2024).

Dalam kunjungannya, TNI Hartono S.I.P, mengungkapkan bahwa, tradisi Presean tidak hanya menampilkan keberanian dan ketangguhan para petarung, tetapi juga menggambarkan nilai-nilai luhur masyarakat Sasak.

“Presean adalah warisan budaya yang sangat berharga dan harus terus dilestarikan dan di jaga keasliannya, agar tetap menjadi daya tarik utama bagi pariwisata Lombok,”terangnya.

Selain mengunjungi desa wisata rumah adat Sasak Sade Kasdam IX/Udayana beserta rombongan juga mengunjungi sirkuit Mandalika, sebagai agenda kunjungan kerjanya di provinsi Nusa Tenggara Barat di tahun 2024.

“Namun sebelum Ke Lombok, Kasdam IX/Udayana melakukan kunjungan kerja dalam rangka menutup kegiatan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 ta.2024 di Desa Madaprama dan Desa Serakapi, Kabupaten Dompu,” tandasnya.

Reporter: Ihwan.