Sambut Bulan Timbang Nasional, Danramil 0801/07 Ngadirojo Ikuti Rakor Lintas Sektoral

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews.com – Pagi ini, Danramil 0801/Pacitan Kodim 0801/Pacitan Kapten CKE Suroso menghadiri rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka menyambut bulan timbang nasional, berlangsung di ruang pertemuan Sekcam Ngadirojo, Kab. Pacitan, berlangsung di Selasa (04/06/2024).

Bulan Timbang Nasional merupakan salah satu program dari Pemerintah dalam rangka memenuhi informasi tentang data status gizi balita secara komprehensif, sekaligus pemberian makanan tambahan dan Vitamin A bagi balita.

kegiatan tersebut dilakukan dengan melibatkan peran serta Kader Posyandu bersama Bidan atau petugas kesehatan lainnya dengan sasaran semua balita terutama yang tidak pernah datang ke Posyandu untuk memeriksakan kesehatannya.

Tak hanya itu, pada pelaksanaannya nantinya juga mencakup penimbangan berat badan, pengukuran lingkar lengan, lingkar kepala, tinggi badan serta panjang badan. Kemudian, hasilnya nantinya dapat mencerminkan status gizi balita sebagai tolak ukur.

Dalam sambutannya, Danramil 0801/07 Ngadirojo menegaskan, dengan pengukuran tinggi badan, berat badan bayi dan balita dapat mengetahui tingkat kesehatan dan tumbuh kembang anak. Selain itu, dapat mencegah segala gangguan pertumbuhan anak.

“Hal tersebut sejalan dengan tingkat kesadaran dan semangat para orang tua terhadap tumbuh kembang putra-putrinya. Hal ini juga menjadi akses layanan dasar untuk memantau status gizi bagi bayi dan balita”, ujarnya.

Dengan kesuksesan program tersebut diharapkan secara tidak langsung TNI turut berkontribusi mewujudkan cita-cita di masa mendatang, yakni melahirkan generasi penerus bangsa yang kuat, sehat dan cerdas, guna menyongsong Indonesia Emas 2045.

Reporter: pudianto