Saat Anak-Anak Asyik Main di Pantai, Ada Mama-Mama Bagi Gono-Gini

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Saat anak-anak PAUD Aisyiyah Sendangagung Paciran Lamongan Jawa Timur asyik main di pantai Putri Klayar Paciran mama-mama atau justru sibuk membagi gono-gini, Selasa (4/6/2024).

Kegiatan PAUD ini bertemakan: Bumi Tempatku Berpijak dengan
Sub tema : Laut. Dan ini merupakan kegiatan pemungkas di akhir tema, dan juga sebagai penutupan kegiatan di akhir semester 2. Hal ini diungkapkan oleh Kepala PAUD Aisyiyah Sendangagung Nor Zubaidah SE SPd yang juga ikut membersamai kegiatan ini.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 20 menit dari Watungkal Sendangagung akhirnya rombongan dengan mengendarai 4 mobil kelinci ini sampai di tempat tujuan Wisata Pantai Putri Klayar Paciran.

78 peserta didik PAUD Aisyiyah ini langsung terjun ke pantai berhamburan penuh riang pertanda hati suka melihat luasnya pantai dengan hamparan pasir nan lembut dan bersih. Dalam kegiatan ini tak lupa mama-mama yang ikut mengawal anaknya membawa bekal makanan dan minuman untuk dimakan bareng-bareng. Dan bila makanan tidak habis biasanya dibagi sesama mereka dalam acara pembagian gono-gini.

Gono-gini menjadi istilah lazim bagi para mama yang memiliki makanan lebih usai acara makan bersama, sisa makanan atau jajanan bila tidak termakan biasa dibagi-rata untuk dibawa pulang sebagai buah tangan untuk yang di rumah.

Hal ini dibenarkan oleh Ida Fitriya, salah satu wali murid dari ananda Fauzan Karim (TK B) yang mengikuti kegiatan PAUD Aisyiyah Sendangagung di pantai Putri Klayar ini, “Tradisi mama cantik ngantar anak (Macan Ternak) ini kalau ada acara pasti tidak lupa pasti bawa amunisi perut, dan sering overload sehingga harus dibagi-rata, dan itu juga menjadi bagian acara yang bikin heboh, itulah yang dimaksud dengan gono-gini,” terang ustadzah yang mengajar di Madin Al-Ishlah Sendangagung ini.

Lathifah salah satu mama (wali murid Kelompok Bermain) yang ikut dalam kegiatan ini merasa turut berbunga-bunga hatinya karena bisa gabung bersama mama yang lain di pantai yang masih bersih nan asri, istri Nasution yang rumahnya Utara mushalla Al-Abror ini mengaku baru tahu bahwa Desa Sidokelar punya pantai yang apik dan bersih.

Saat ketemu wartawan LJN, mama yang asli Padek Paciran ini langsung minta foto dan minta diberitakan kegiatannya. Usai difoto mama ramah ini langsung nawari bekal yang dibawanya dari rumah, “Ada bakwan, semangka, legen, Sego Bedegan dan ikan asin kriuk, monggo ustadz!,” pintanya.

Reporter Gondo Waloyo.