Siswa SMPM Jipat Karangasem Paciran Sabet Juara 1 Kejurda Cabor Selam Tingkat Jatim

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Peselam SMP Muhammadiyah 14 (SMPM Jipat) Pondok Pesantren Karangasem Paciran, Lamongan mengukir prestasi gemilang dengan mengaharumkan nama lembaga dan keluarga di even Kejuaraan Daerah (Kejurda) Cabang Olahraga (Cabor) Selam Tingkat Jawa Timur Tahun 2024 yang berlangsung di Pantai Probolinggo Jawa Timur.

Kejurda Cabor Selam Jawa Timur 2024 bertajuk “Open Water Finswimming Orientasi Bawah Air”, kejuaraan bertempat di Pantai Pasir Putih Situbondo selama tiga hari (Jum’at sampai dengan Ahad), 31 Mei sampai dengan 2 Juni 2023. Kegiatan diikuti remaja dengan katagori usia SMP/MTs se Jatim.

Peselam SMPM Jipat Karangasem, Muhammad Caesar Anggodigdo (Siswa Kelas IX-C), berpartisipasi di nomor “OBA 5 Pont Course Putra Junior”. Siswa asal Kota Pahlawan, lahir di Surabaya, 20 Agustus 2008 adalah putra pasangan dari Bapak Bunarian dengan Ibu Ery Erlina, SH.

Caesar, demikian panggilan akrabnya, berangkat ke Kota Seribu Burung (Julukan Kabupaten Situbondo) dengan tekad dan kesiapan mental yang tinggi dengan menyalurkan bakat menyelam untuk meraih prestasi. Bapaknya dengan setia mendampingi Caesar dalam berlomba, perlu diketahui selama ini yang melatih dan membimbingnya.

Suminto, MPd, Wakil Kepala SMPM Jipat Bidang Kesiswaan menyampaikan kepada reporter lintasjatimnews.com, “Lewat Grup WA Kelas, ibunya sempat kirim foto Ananda Caesar bersiap-siap berpakaian selam lengkap dengan uarai narasi: mohon doanya Caesar ikut lomba Selam di Probolinggo, semoga diberikan kelancaran,” jelas Guru Bahasa Inggris.

Laporan dari pelatih (official) Selam (Bapak Bunarian) dari Pantai Pasir Putih Kabupaten Probolinggo di ajang Selam nomor OBA 5 Pont Course Putra Junior dengan syarat minimal mempunyai sertifikat A1 atau One Star. Caesar sempat gagal di hari yang pertama karena lupa memasang alat pemberat dan di hari berikutnya lancar dan sukses.

Caesar berbagi cerita proses latihan sebelum mengikuti lomba, “Sebelum mengikuti Kejurda Selam, saya hanya punya waktu satu pekan untuk berlatih. Karena waktunya sangat mepet, maka porsi dan jadwal latihan lebih padat dari pada hari-hari biasanya. Saya manfaatkan berlatih dengan giat dan tekun, mulai dari pagi hari sampai dengan siang hari. Tiga hari berlatih di kolam dan tiga hari berlatih di laut dengan berpanas-panas di dalam air laut,” ceritanya.

Pasca lomba, Caesar berkisah berikut, “Setelah dua pekan setelah purnasiswa, saya didaftarkan bapak di Kejurda Jatim Cabor Selam. Tampil di hari pertama, saya sempat gagal di “M-Corse” karena lupa memakai sabuk pemberat. Bedasarkan pengalaman itu, maka di hari kedua saya lebih fokus dan mengikuti instruksi pelatih. Alhamdulillah berjalan dengan lancar,” kisahnya.

“Saya bersyukur kepada Allah SWT, terima kasih kepada kedua orang tua saya, dan bapak/ibu guru SMPM Jipat Karangasem yang telah memeberikan yang telah memberikan perhatian, motivasi, dan doanya kepada saya sehingga sukses mengikuti Selam. Alhamdulillah, ini pengalaman pertama saya ikut lomba Selam dan mendapatkan prestasi juara 1,” Pungkasnya.

Kepastian mendapat prestasi juara 1 diumumkan hari Ahad (2/6/2024), pukul 13.30 WIB. Atas prestasi yang diraih Caesar dalam Kejurda Selam Tingkat Jawa Timur Tahun 2024, maka berhak mendapatkan Medali dan Sertifikat dari panitia penyelenggara. Selamat dan sukses peselam SMPM Jipat Karangasem, semoga sukses di event berikutnya.

Reporter: Efendy