Panwaslu Lamongan Dilantik, Hadirkan Demokrasi Yang Bermartabat

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Kecamatan Se-Kabupaten Lamongan sebanyak 81 orang resmi dilantik.

Pelantikan 81 Anggota Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Kecamatan Se-Kabupaten Lamongan di Pendopo Lokatantra Lamongan

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyatakan bahwa dengan dikukuhkannya Panwaslu tersebut siap mengawal dan mengawasi rangkaian Pilkada serentak 2024 untuk menghadirkan pesta demokrasi yang bermartabat di Kabupaten Lamongan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Yuhronur Efendi juga menyampaikan apresiasi kepada komisioner Bawaslu yang senantiasa mengawal setiap tahapan pemilu, termasuk juga menjalin kolaborasi, sinergitas seluruh stakeholder. Sehingga pemilihan umum legislatif dan presiden di Kabupaten Lamongan beberapa waktu lalu dapat berjalan lancar, tertib dan sukses.

“Saya berharap kesempatan ini dapat dijalankan dengan penuh tanggung jawab dan profesional dalam mengawal proses pemilihan dan menegakkan demokrasi di tingkat kecamatan,” ujar Bupati kelahiran Karanggeneng Lamongan ini

Lanjutnya, saya yakin saudara-saudara semua telah melewati berbagai proses yang panjang, untuk itu melalui pelantikan ini membuktikan bahwa Bawaslu dan Pawanslu siap mengawal dan mengawasi rangkaian pemilu untuk menghadirkan pesta demokrasi yang bermartabat di Kabupaten Lamongan.

Bahkan sebagai bentuk dukungan dalam rangka menunjang pelaksanaan pilkada pada bulan November 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten Lamongan telah memberikan fasilitasi kantor sekretariat Panwaslu Kecamatan serta dukungan sumber daya manusia berupa tenaga administratif yang ada di kecamatan masing-masing.

“Saya juga tekankan kepada pimpinan dan anggota Bawaslu dan Panwaslu Kecamatan agar momentum yang masih tersisa menuju pelaksanaan pilkada benar-benar dapat dioptimalkan dengan sebaik-baiknya,” imbuh mantan Sekda Lamongan ini

Sementara itu ketua Bawaslu Lamongan Toni Wijaya menyampaikan, meskipun memiliki tugas yang berat, ia yakin seluruh anggota Panwaslu kecamatan memiliki kinerja yang baik. Ia juga menghimbau agar para Panwaslu segera berkoodinasi dengan stakeholder di masing-masing kecamatan.

Ditambahkan aktifis ini, segera berkoordinasi. Saya berharap Panwascam dapat bekerja secara profesional, berkompeten, serta bertindak cepat dan tepat dalam menanggapi aduan masyarakat serta ketika ada temuan saat pemilu.

“Ini merupakan start awal untuk memberi hasil positif bagi keberlangsungan demokrasi tanah air, khususnya pada pemilihan umum kepala daerah di Kabupaten Lamongan,” pungkasnya.

Reporter Fathurrahim Syuhadi