Panitia Pemilihan Kecamatan Pilkada 2024 Lamongan Resmi Dilantik

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Sebanyak 135 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Pilkada 2024 Lamongan resmi dilantik.

Pelantikan 135 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Pemilihan Kepala Daerah (Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati) 2024 ini dilakukan ketua KPU Lamongan Mahrus Ali. Pelantikan PPK ini dilaksanakan di di Rumah Makan Aqila Lamongan

Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali mengungkapkan, 135 petugas yang telah resmi menjadi badan adhoc KPU akan ditugaskan di 27 kecamatan. Dengan rincian 1 ketua dan 4 anggota atau 5 petugas setiap kecamatan.

Jumlah pendaftar tercatat 323 orang, setelah melalui beberapa seleksi terjaring 135. Sesuai jumlah yang kita butuhkan perkecamatan yakni 5 petugas PPK.

“Dengan ini, maka persiapan Pilkada memasuki tahap ke-4 dari 18 tahapan yang ada. Segera menyesuaikan diri jaga integritas dan independensi untuk Pilkada Kabupaten Lamongan yang bermartabat ,” ungkap Mahrus.

Selanjutnya, beber Mahrus, usai pelantikan PPS, seleksi selanjutnya yakni Petugas Pemungutan Suara (PPS) yang digelar di Universitas Darul Ulum Lamongan dengan total pendaftar sebanyak 3 ribu lebih.

“Pada Pilkada yang akan diselenggarakan secara serentak November mendatang, proyeksi kami bakal bertugas untuk 2.092 TPS,” ujar aktifis HMI ini.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berkesempatan hadir menyaksikan prosesi penetapan dan pengangkatan 135 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Lamongan Tahun 2024.

Melalui pelantikan secara resmi tersebut, Bupati Yuhronus berharap para petugas PPK dapat mengemban tugas dalam mengawal proses demokrasi dengan penuh tanggung jawab dan profesional.

Dikatan Bupati Yuhronur untuk sampai pada tahapan ini diperlukan sebuah proses yang panjang, untuk itu mari kita manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan saudara-saudara semua dapat mengemban tugas dalam mengawal proses demokrasi dengan penuh tanggung jawab dan professional.

Selain kepada PPK, Bupati Yuhronur juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU Kabupaten Lamongan yang telah berhasil mengawal penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan angka partisipasi masyarakat di atas 80 persen.

Lanjutnya, Lamongan sebagai kabupaten yang memiliki 462 desa dan 12 kelurahan yang terbagi di 27 Kecamatan, tentu luasan ini menjadi tantangan bagi kita semua. Untuk itu dalam kesempatan ini saya tekankan kepada KPU dan PPK agar momentum waktu yang masih tersisa menuju Pilkada benar-benar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Optimalkan kapasitas teknis, memperbaiki kekurangan yang ada, mengatasi kelemahan-kelemahan yang masih ada, lakukan kerja cerdas, kreatif, inovatif agar pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten Lamongan semakin berkualitas. Mari kesuksesan itu kita ulang kembali di Pilkada tahun ini,” pungkas mantan Sekda Lamongan ini

Reporter Fathurrahim Syuhadi