OPM Teror Warga Paniai Timur

Listen to this article

PANIAI lintasjatimnews.com – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) melakukan penyerangan ke salah satu kios di Kampung Madi Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan kejadian berawal ketika dua anggota KKB yang mengendarai sepeda motor singgah ke kios milik Arwin (34) untuk membeli rokok pada Selasa (21/5/2024) pukul 21.35 WIT.

Setelah menerima rokok, salah satu anggota KKB tiba-tiba mengeluarkan senjata api dan langsung melakukan penembakan secara membabi buta. Beruntung tembakan tersebut tidak mengenai Arwin dan hanya mengenai helm yang digantung di dalam rumah.

Tidak hanya melakukan penyerangan, KKB wilayah Paniai juga melakukan pembakaran 12 petak kios di pertigaan Kopo Kampung Madi Distrik Paniai Timur sekitar pukul 00.15 WIT. KKB kemudian melakukan penyerangan kepada personel Polri/TNI yang melakukan evakuasi warga sipil yang berada di sekitar TKP.

Kontak tembak antara KKB dengan personel TNI-Polri yang berada di TKP tidak terhindarkan. Tidak ada korban jiwa dalam kontak tersebut.

Selanjutnya pada Rabu (22/5/2024) sekitar pukul 02.55 WIT, KKB kembali melakukan aksinya dengan membakar gedung sekolah PAUD, SD, dan SMP YPPGI Kepas Kopo.

Melihat situasi yang tidak kondusif ini, personel TNI/Polri mengevakuasi 23 guru beserta keluarganya ke Mapolres Paniai. Sampai saat ini personel gabungan TNI-Polri masih bersiaga di seputaran pertigaan Kopo guna mengantisipasi aksi lanjutan dari KKB.

Aparat gabungan TNI-Polri dan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 merespon aksi KKB yang melakukan penembakan hingga pembakaran Gedung Sekolah dan Sejumlah bangunan Kios dengan melakukan pengejaran dan berhasil Menembak Mati 1 Anggota KKB atas nama, Basoka Lawiya alias Masyarakat Kogoya yang merupakan Ajudan pimpinan KKB Undius Kogoya, di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai.

Ka Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani, saat dikonfirmasi mengatakan, Dalam peristiwa pembakaran sejumlah bangunan kios hingga sekolah, KKB juga melakukan penembakan terhadap masyarakat sipil dan aparat keamanan.

Reporter: Belly Sabara