Ukur Kemampuan Prajurit, Kodim 0801/Pacitan Gelar Tes Garjas Periodik I TA. 2024

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews.com – Sebagai upaya meningkatkan kemampuan fisik para Prajurit, Kodim 0801/Pacitan menggelar Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I Tahun 2024, yang berlangsung di lapangan Peta Makodim Jl. Letjen Suprapto No 42 Pacitan, Selasa (21/05/2024).

Pelaksanaan tes kesegaran jasmani tersebut merupakan salah satu program pembinaan personil, bertujuan untuk mengecek sampai dimana kemampuan para prajurit TNI AD khususnya di Kodim 0801/Pacitan, guna mendukung tugas pokok, dihadapkan berbagai tantangan kedepan semakin komplek.

Adapun materi yang diujikan diantaranya, Tes Kesegaran “A” yakni lari alokasi waktu 12 Menit dan Tes Kesegaran “B” meliputi gerakan Pull Up, Sit Up, Push Up durasi waktu 1 menit serta Shuttle Run. Usai Tes Kesegaran A dan B, kemudian dilanjutkan Tes Ketangkasan berupa Renang Gaya Dada jarak 50 meter.

Sesaat sebelum melaksanakan Tes Garjas, seluruh peserta mengikuti pengecekan kesehatan, dengan melakukan pengukuran tensi, disamping menyiapkan satu unit ambulan sebagai sarana evakuasi dan mengantisipasi segala sesuatu yang tidak diinginkan.

Setelah semua tahapan selesai, selanjutnya para peserta melaksanakan pemanasan dan peregangan di pimpin personil Jasrem, guna menghindari kram otot dan memastikan para peserta siap menjalani Tes Garjas.

Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan melalui Pasi Pers Letda CKE Misrum menekankan kepada para personil, agar melaksanakan kegiatan Tes Garjas secara maksimal serta mengikuti semua arahan tim penguji, karena kaitannya dapat mennjang karier, terutama bagi yang akan naik pangkat.

“Laksanakan semua rangkaian kegiatan ini secara serius dan penuh semangat sebagai tolak ukur serta mengetahui kemampuan perorangan prajurit Kondisi kesehatan tiap-tiap individu tidak sama, oleh karenanya utamakan faktoxu keselamatan”, tegasnya.

Usai pelaksanaan Tes Garjas, Serma Hariyono memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas partisipasi dan semangat yang telah ditunjukkan para personil Kodim 0801/Pacitan, sehingga rangkaian kegiatan mulai awal hingga akhir bisa berjalan tertib, aman dan lancar.

“Jangan cepat puas dengan hasil yang di capai hari ini. Oleh karenanya, terus tingkatkan kemampuan dengan melaksanakan pembinaan personil secara mandiri maupun tingkat kelompok, demi kemajuan satuan Kodim 0801/Pacitan lebih baik kedepannya”, ungkapnya.

Reporter: priyo