Satgas TMMD Ke-120 Kodim 1307/Poso: Memupuk Semangat Nasionalisme dan Disiplin Melalui Upacara Bendera

Listen to this article

POSO lintasjatimnews.com – Dalam rangka mendukung program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120, personel Kodim 1307/Poso turut serta dalam kegiatan upacara bendera bersama siswa-siswi SMA Al-Khairat, Ulubongka pada Senin pagi, (20/05/2024).

Kegiatan ini menjadi momen istimewa bagi para pelajar, dimana upacara rutin setiap Senin kali ini dipimpin oleh anggota TNI, yang sekaligus berperan sebagai pembina upacara.

Sertu Muh Syafri, dalam amanatnya, menyampaikan pentingnya kedisiplinan, kesabaran, cinta tanah air, jiwa nasionalisme, dan penghormatan terhadap jasa para pahlawan. “Jika keempat nilai ini dipegang teguh oleh para siswa, mereka akan menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa, melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan Indonesia,” tegas Sertu Muh Syafri.

Selain memimpin upacara, Sertu Muh Syafri juga memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada 52 siswa SMA Al-Khairat Ulubongka. Materi ini, menurutnya, sangat penting untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan menjaga nilai-nilai Pancasila, terutama di era globalisasi saat ini. “Saya berharap para pelajar yang mengikuti penyuluhan ini dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Penyuluhan wawasan kebangsaan merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan TMMD ke-120 yang tidak hanya berfokus pada pembangunan fisik, tetapi juga pada pembentukan karakter generasi muda melalui kegiatan non-fisik. Selain penyuluhan, Satgas TMMD juga melatih siswa-siswi SMA Al-Khairat Ulubongka tentang Tata Upacara Sekolah (TUS) dan Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Pelatihan PBB ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai baris-berbaris serta menanamkan disiplin di kalangan pelajar. Dansatgas TMMD, Letkol Inf. Hasroel Tamin, S.H., M.Hub.Int, mengungkapkan, “Kami mengajak anggota satgas TMMD untuk memberikan pembekalan pengetahuan tentang PBB agar siswa-siswi memahami tata cara baris-berbaris yang benar”.

Kami berharap, melalui latihan ini, adik-adik kita tidak hanya belajar PBB, tetapi juga disiplin yang akan berguna dalam kehidupan sehari-hari.” Dengan berbagai kegiatan ini, Satgas TMMD ke-120 berharap dapat memberikan manfaat yang besar bagi para pelajar di SMA Al-Khairat Ulubongka, membantu mereka menjadi generasi muda yang tangguh, disiplin, dan berjiwa nasionalisme tinggi,

Reporter : ihwan