Peka Terhadap Kondisi Sosial Warga, Babinsa Koramil 0801/02 Kebonagung Bantu Evakuasi Pasien OGDJ

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews.com – Babinsa Koramil 0801/02 Kebonagung Kodim 0801/Pacitan bersama petugas dari Puskesmas melakukan evakuasi penanganan pasien Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), berada di Desa Klasem, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan, Sabtu (18/05/2024).

Pendampingan ini sebagai salah satu bentuk perhatian serta kepekaan Apkowil terhadap warga binaannya. Dimana salah satu warganya tengah menderita ODGJ sehingga perlu mendapat penanganan khusus dari tenaga medis untuk menjalani pengobatan di Puskesmas setempat.

Dalam keterangannya, Serda Hendrik menyampaikan, bahwa pendampingan dilakukan guna memastikan proses evakuasi pasien ODGJ berjalan dengan aman dan lancar, serta membantu pasien mendapatkan perawatan yang dibutuhkan.

“Dalam menghadapi berbagai masalah sosial yang ada di tengah masyarakat perlu adanya peran semua pihak. Oleh karenanya, sinergi dan koordinasi senantiasa harus kita jaga dengan baik”, jelasnya usai proses evakuasi.

Dirinya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk selalu peduli dan tanggap terhadap lingkungan sekitar. Apabila ada permasalahan kaitannya menyangkut kamtibmas agar berkoordinasi dengan pihak aparat Desa, maupun aparat keamanan yang ada.

“Dalam melakukan pengobatan kepada ODGJ harus penuh kesabaran, disamping juga peran aktif keluarga. Tak hanya itu, perlu adanya dukungan dari ingkungan sekitar, sehingga upaya penyembuhan kepada pasien dapat membuahkan hasil yang maksimal”, ungkapnya.

Reporter: priyo