Ajang Kreatif Menghias Tumpeng Naskun, Kegiatan P5 MIM 14 Pambon Brondong

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Lembaga Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 14 Pambon kecamatan Brondong mengadakan ajang kreatif menghias tumpeng nasi kuning (naskun). Seluruh siswa kelas VI (enam) dalam ujian praktek, Rabu (15/5/2024)

Wali kelas enam Maftuhah, MPd menjelaskan Kegiatan ini dilakukan saat ujian praktek mata pelajaran SBDP(Seni Budaya dan Prakarya) seluruh kelas enam dengan jumlah sebelas siswa yang dibentuk menjadi dua kelompok. Kelompok I yakni Nida, Zahira, Andhin, Hafidz dan Farih kemudian kelompok 2 yakni Rina, Jihan, Arin, Keysha, Fathir dan Reynard.

Lanjut Maftuhah proses menghias tumpeng ini dimulai dari pukul 09.30-10.30 WIB. Kedua kelompok ini dengan sangat antusias dan penuh kekompakkan dalsm menghiasi tumpeng dengan menu yang sudah disediakan dari rumah dan dihias di sekolah tepatnya di ruang kelas VI.

Ditambahkan Maftuhah penilaian kegiatan menghias tumpeng ini dinilai dari rasa, kerapian hiasan, kekompakkan dan kecakapan dalam presentasi.

“Kegiatan ini salah satu Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Hari ini kegiatannya adalah menghias tumpeng. Aanak-anak sudah membawa nasi kuning dan menu dari rumah. Kemudiàn siap untuk dibentuk dan dihias di madrasah,” jelas Maftuhah

Kandidat doktor ini, sebelum memulai kegiatannya, siswa diajak berdoa bersama dan wali kelas enam menannyakan kabar serta menanyakan kesiapan mereka

“Sudah siapkah anak anak memulai kegiatan,” tanya Maftuhah

“Siap bu guru,” jawab siswa kompak dan meriah.

Maftuhah juga menjelaskan, selain mengenalkan makanan tradisional kepada anak-anak, kegiatan ini juga untuk melatih kreativitas.

“Tumpeng adalah makanan tradisional yang berbahan dasar beras dan diberi pewarna. Setelah kedua kelompok selesai menghias dan ditata rapi di meja Bapak/Ibu guru mencicipi serta memberikan penilaian,” jelas Maftuhah

Lanjutnya, alhamdulillah dari salah satu guru kelas satu Susianah, S.Pd. memberikan tanggapan setelah mencicipi serta memuji bahwa masakannya enak dan lezat rasanya pas dilidah.

Sementara itu, Kepala MIM 14 Pambon Muhaiminah, S.Ag mengapresiasi kepada anak-anak kelas enam atas hasil karyanya dalam pelajaran SBDP.

“Semoga kegiatan ini menambah wawasan serta ketrampilan bagi siswa kedepannya,” pungkas Muhaiminah, S.Ag .

Reporter Fathurrahim Syuhadi