Wartawan LJN Latih Jurnalistik Crew 14-Media SMPM Jipat Karangasem Lamongan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Unit Kegiatan Jurnalistik SMP Muhammadiyah 14 Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan (SMPM Jipat) yang tergabung dalam 14-Media (Organisasi Jurnalistik Siswa) menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik. Kegiatan digelar hari Senin (13/5/2024).

Acara Pelatihan Jurnalistik bertempat di Aula KH Ali Mansyur lantai III SMPM Jipat Karangasem diikuti 40 siswa-siswi SMPM Jipat Karangasem yang terdiri dari; 28 Crew 14-Media dan 12 peserta dari masing-masing 4 utusan organisasi intra. Sedangkan pemateri pelatihan adalah dua wartawan Lintas Jatim News (LJN); Alfain Jalaluddin Ramadlan (Wartawan/Kabiro Lamongan) dan Ali Efendi (Wartawan).

Acara Pelatihan terdiri atas pembukaan dan MC (Ketua 14-Media), Sambutan pengantar dan pembukaan secara resmi oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan (Suminto, MPd). Selanjutnya Pelatihan Jurnalistik yang terbagi menjadi 2 sesi, yaitu; 1) Penting Ilmu Jurnalistik (Ali Efendi) dan 2) Cara Menyusun Artikel dan Praktik (Alfain Jalaluddin Ramadlan).

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMPM Jipat (Suminto, MPd), menyampaikan dalam sambutannya, “Terima kasih kepada Guru Pembina kegiatan (Cak Ziham, Cak Akbar, dan Bu Nada) dan Pengurus Organisasi 14-Media SMPM Jipat yang telah bekerjasama dengan baik sehingga kegiatan hari ini dapat berjalan sukses. Juga terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan dengan baik dan tertib,” jelasnya.

“Pendidikan Jurnalistik merupakan kebutuhan yang dunia informasi, baik media cetak maupun media online. Ikuti kegiatan ini dengan baik, kelak di kemudian hari akan bermanfaat di level pendidikan atas (SLTA) atau di saat anda kuliah. Semoga pelatihan yang diselenggarakan 14-Media hari ini menambah ilmu dan pengetahuan khususnya di bidang jurnalistik,” pungkasnya.

Pada sesi pertama, pemateri (Ali Efendi) menjelaskan tentang makna dasar atau divinisi jurnalistik. Dihimpun dari berdasakan beberapa pengertian, jurnalistik merupakan kegiatan pengumpulan bahan berita, pelaporan peristiwa, penulisan berita, penyuntingan naskah berita, dan penyajian atau penyebarluasan berita (publishing) melalui media (cetak atau online).

“Jurnalistik merupakan salah satu aktivitas yang tidak terpisahkan dari kehidupan, apalagi dalam kehidupan zaman modern saai ini. Maka pelajar juga harus mengetahui sebagai bagian dari pendidikan literasi, minimal makna dasar dan manfaatnya sehingga bisa membedakan antara fakta dan opini atau sekedar isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” jelas Ketua Foskam SMP-MTs Lamongan.

Pemateri kedua, Alfain Jalaluddin Ramadlan, menyampakan materi tentang cara Menulis Artikel Berita. Mahasiswa S1 Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) mengawali dengan pertanyaan, “Sudah tau, apakah itu berita?,” tanya pemuda asal Godog, Laren, Lamongan kepada peserta pelatihan.

Wartawan lintasjatimnews.com (LJN) Biro Lamongan, menjelaskan secara faktual, “Berita adalah salah satu bentuk produk jurnalistik yang bertujuan menyampaikan informasi tentang peristiwa atau kejadian terkini. Unsur 5W+1H dalam berita berfungsi agar berita yang akan disampaikan kepada khalayak dapat diterima dengan jelas,” pungkasnya.

Kemudian dijelaskan dengan rinci konsep 5W+1H sebagai berikut:

  1. Apa (What): Apa yang diberitakan? Ini menjelaskan inti dari peristiwa atau informasi yang disampaikan dalam berita.
  2. Di Mana (Where): Di mana peristiwa tersebut terjadi? Menentukan lokasi peristiwa memberikan konteks spasial pada berita.
  3. Kapan (When): Kapan peristiwa tersebut terjadi? Informasi waktu memberikan dimensi kronologis pada berita.
  4. Siapa (Who): Siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut? Identifikasi individu atau kelompok yang relevan dengan berita.
  5. Mengapa (Why): Mengapa peristiwa tersebut terjadi? Menjelaskan alasan atau penyebab di balik suatu kejadian.
  6. Bagaimana (How): Bagaimana kejadiannya? Memberikan gambaran tentang proses atau cara peristiwa terjadi.

Alumnus MA Muhammadiyah 9 Lamongan tahun 2019, menjelaskan hal-hal yang terkait dengan jurnalistik, di antaranya; 10 Kode Etik Jurnalistik, 7 Cara Menyusun Berita, 8 Cara Melakukan Wawancara, 3 Teknis Menulis Berita, Cara Memilih Foto yang Bagus untuk Ditampilan Pendukung Berita.

Di akhir sesi presentasi materi kedua, Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) UMLA memberikan kesempatan kepada peserta terkait dengan jurnalistik dan praktik menyusun berita sederhana. Sebelum acara ditutup pemateri memberikan kenang-kenangan berupa buku kepada peserta yang berjudul “Secercah Cahaya Mu”.

Reporter: Efendy