Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-28 Tahun 2024: Otonomi Daerah Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Dengarkan beritanya .

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah (Otoda) Ke-28, Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Otoda, di Halaman Gedung Pemkab Lamongan, Kamis (25/4/2024)

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf dalam kesempatan tersebut menyampaikan arahan Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian.

Untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab, dan kesadaran dalam membangun keberlanjutan pengelolaan SDA dan lingkungan hidup di tingkat lokal, serta mempromosikan model ekonomi ramah lingkungan.

Dalam arahannya, Mendagri Muhammad Tito Karnavian mengatakan bahwa momentum Hari Otoda yang sudah lebih dari seperempat abad ini merupakan saat yang tepat untuk memaknai kembali arti filosofi dan tujuan dari otonomi daerah.

“Otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama, termasuk diantaranya tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi,” arah Menteri Tito yang disampaikan Wakil Bupati Abdul Rouf.

Ditambahkan Wakil Bupati Abdul Rouf. bahwa perjalanan otonomi daerah telah mencapai tahap kematangan untuk melahirkan berbagai terobosan kebijakan bernilai manfaat dalam rangka identifikasi dan perencanaan wilayah-wilayah yang berpotensi dikembangkan secara terintegrasi.

“Implementasi pengembangan wilayah perlu dilakukan melalui pendekatan kebijakan yang berkelanjutan dan implementasi regulasi ekonomi hijau. Dimana penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pertumbuhan ekonomi dilakukan dengan memperhitungkan aspek keadilan sosial dan pelestarian lingkungan,” pungkasnya

Reporter : Fathurrahim Syuhadi