Kreasi Tari Remo dan Semafor SMA MUH1BA dalam Bisafest Lamongan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Sanggar Mutuba Muhiba SMA Muhammadiyah 1 Babat menampilkan Tari Remo dalam memeriahkan acara Bisafest Lamongan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bertempat di Grand Mahkota Hotel Lamongan.

“Asal usul tari remo merupakan tarian tradisional yang diciptakan oleh cak mo yang pernah menjadi gemblak dalam sebuah grup reog ponorogo”, cerita dari Aminulloh Fatkhur Rojiki, S.Pd, waka kesiswaan SMA Muhammadiyah 1 Babat yang beralamat di jalan raya 180 Babat Lamongan.

Waka kesiswaan yang membawahi semua kegiatan intrakurikuler dan ektrakurikuler ini melanjutkan ceritanya, “Ketika musim kemarau panjang datang mengakibatkan pada sepinya tanggapan, cak mo pun mulai mencari sumber pemasukan yang lain selain dari grup reognya dengan modal keahlian yang dia miliki, di desa diwek JombangTari Remo ini lahir”, katanya.

“Tari remo ini mengandung cerita tentang perjuangan dari seorang pangeran dalam medan perang, Tari remo biasanya sebagai tarian pembuka dalam pertunjukan ludruk, seiring berjalannya waktu menjadi tarian penyambutan terutama tamu-tamu kenegaraan” terangnya lebih lanjut.

Awak media juga mewawancarai siswa SMA Muhammadiyah 1 Babat, kakak kelas yang membersamai adik kelas ketika tampil di acara Bisafest, Zahra Safira Hanun dan Safira Dita Azzahra, “Kami hanya membersamai adik-adik kelas untuk tampil, pelatih kami Ramanda Sumardi pelatih HW tidak bisa hadir,” katanya ketika ditanyai tentang siapa pelatihnya.

“Kegiatan latihan di sanggar tari kami 2 kali dalam seminggu, jadi kami sudah terlatih jika ada tarian baru yang mendadak kami bisa beradaptasi untuk menghafal gerakan tersebut”, kata Zahra Safira Hanun.

Safira Dita Azzahra juga nyambung turut menjelaskan, “Tari Remo salah satu kegiatan di ektrakurikuler HW yang biasanya kami kombinasi dengan atraksi parade Semafor”, bangganya.

Ini adalah nama-nama yang tampil di event Bisafest hari ini, kata safira dita mengenalkan,

  1. Putri Vallen Salsabila (X-3)
  2. zahra maylissa (X-3)
  3. kezia anastasya felani putri (X-2)
  4. muntafiul ilma (X-2)
  5. Sarah Athalla Early Nanda Byve (X-3)
  6. Syafa Nur Aini (X-3)
  7. Della indri ariani (X-3)
  8. Mahzumy Firdausi Nuzula (X4)

“Terimakasih atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan kepada sekolah kami, SMA MUH1BA, sebagai siswa kami berbangga, karena kepercayaan ini merupakan suatu apresiasi prestasi kreasi karya yang sudah sekolah kami ukir”, kata mereka berdua.

Reporter : Heni