Halal bi Halal Muhammadiyah Kalitengah

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Syawal yang bermakna peningkatan itu menjadi momen yang cukup berarti bagi persyarikatan Muhammadiyah. Melibatkan seluruh jajaran pimpinan persyarikatan dan ortom di tingkat cabang dan ranting, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM)
Kalitengah menyelenggarakan kegiatan Halal bi Halal bertempat di Masjid Al-Akbar, Ahad (14/04/2024).

Untuk mengetahui lebih lanjut, awak media menghubungi Ketua PC Muhammadiyah Kalitengah, Rodhi, S.Pd., M.Pd. Rodhi mengungkapkan bahwa kegiatan Halal bi Halal tersebut dikemas sebagai sarana silaturrahim sekaligus evaluasi diri organisasi. Dirinya menyadari, bahwa kondisi saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, saat Idul Fitri, pasca shalat Id, budaya kunjung mengunjungi bersilaturahmi menjadi utama. Namun saat ini kuning mengunjungi sudah mulai memudar tergerus silaturahim lewat media sosial, jelas Rodhi. Acara halal bi halal sebagai upaya mempertahankan budaya silaturrahim dengan cara berinteraksi langsung tatap muka, dan bisa saling mendoakan serta bermaaf-maafan

Dalam pengajian iftitah, Zainul menjelaskan bahwa muslim yang baik itu setelah menyelesaikan amal baik maka harus merencanakan dan meningkatkan kebaikan yang lain seraya mengharap ridha Allah. Ramadhan boleh saja berlalu tapi amal kebaikan harus tetap berlanjut. Sebab salah satu indikator diterimanya kebaikan di bulan Ramdhan itu berlanjut di Syawal dan bulan-bulan berikutnya. Saat Ramadan berpuasa maka dilanjut enam hari lagi di bulan Syawal yang nilainya akan menjadi satu tahun, papar Zaenul.

Di bagian lain, Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah Kalitengah, Ibu Nyai Hj Juwariyah memberikan pesan pada acara Halal bi Halal tersebut. Beliau berpesam agar sesama anggota pimpinan dan juga sesama anggota jamaah hendaknya saling memaafkan bila selama pemilu yang ada sedikit gesekan karena beda oilihan. Juwariyah juga mengajak agar Istiqomah dalam vermuhammadiyah. KK sistem dalan menggerakkan Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah amar makruf nahi mungkar yang menggembirakan, imbau ketua Pimpinan Cabang Aisyiah Kalitengah.

Sementara itu Rodli, S.Pd., M.Pd. sebagai ketua PCM meminta segenap pimpinan majlis dan lembaga serta pimpinan ranting untuk mengadakan kegiatan andalan minimal masing-masing satu kegiatan dalam satu tahun. Bagi ranting yang jumlah anggotanya masih sedikit bisa mengadakan kegiatan sosial yang berkolaborasi dengan majlis dan lembaga yang ada di pimpinan cabang. Tidak perlu risau dengan pendanaan sebab seringkali kegiatan sosial berangkat dari nol dana ketika kegiatan itu dilaksanakan dengan baik akan berbondong-bondong para donatur untuk ambil bagian, papar Rodhi yabgbsebagai anggota Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) PD Muhammadiyah Lamongan.

Rodli yang juga anggota Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan juga berharap MPKS dan MPKU PCM Kalitengah untuk mengagendakan kegiatan bakti sosial dengan menggandeng LAZISMU PDM Lamongan mengadakan khitanan masal atau pengobatan gratis. Kegiatan bakti sosial bitenoatkan di Ranting Muhammadiyah yang masih minim.jamaahnya.

Halal bi Halal Muhammadiyah Kalitengah beserta ortomnya ini cukup menjadi momen yang sangat penting untuk membuktikan bahwa pasca-Ramadhan harus menjadi tattaqun, harus menjadi kupu-kupu, harus lebih bermanfaat dalam menggerakkan persyarikatan untuk kemajuan Islam yang rahmatan lil alamin, papar Rodhi.

Reporter M. Said