Antisipasi Kenaikan Harga Sembako, Babinsa Koramil 0801/08 Tulakan Aktif Pantau Pasar Tradisional

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews.com – Guna mengantisipasi kenaikan harga sejumlah bahan pokok sembako jelang hari raya Idul Fitri 1445 H, Babinsa Koramil 0801/08 Kodim 0801/Pacitan selalu aktif melaksanakan pengecekan ke sejumlah pedagang yang ada di pasar Kec. Tulakan, Kab. Pacitan, Senin (01/04/2024).

Pengecekan dilakukan, selain untuk berinteraksi langsung dengan para pedagang maupun pembeli, juga memantau harga bahan pokok di pasaran serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat berbelanja.

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan beras di jual per Kilogram jenis Premium harga Rp 16.400,-, Medium Rp 14.200,-, Bulog Rp 13,500. Sedangkan kebutuhan pokok lainnya diantaranya Minyak goreng per liter jenis Premium hraga Rp 17.500,-, Medium Rp 15.000,-, dan terendah 14.000,-, untuk gula pasir masih stabil di kisaran harga 17.000,- hingga 18.000,-.

Dalam keterangannya, Serda Didik mengatakan, bahwa pemantauan dilakukan untuk mengetahui terkait ketersediaan bahan pokok sembako di pasaran apalagi mendekati hari raya Idul Fitri, kemudian juga memastikan kamtibmas yang kondusif.

“Untuk saat ini ketersediaan bahan pokok sembako khususnya di wilayah Pacitan masih relatif aman dan harga di pasar tradisional maupun pertokoan masih terjangkau. Kemudian daya beli masyarakat juga cukup tinggi”, jelasnya saat dikonfirmasi awak media.

Lebih dari itu, dirinya juga menegaskan, bahwa akan terus berkoordinasi dan kerjasama dengan instansi lain untuk melakukan monitoring secara rutin, guna mencegah adanya upaya manipulasi harga oleh oknum pedagang yang tidak bertanggung jawab, sehingga menimbulkan inflasi.

“Kami berharap melalui kegiatan pemantauan ini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan bahan pokok pangan sehari-hari, terutama demi terwujudnya kesejahteraan secara menyeluruh”, ungkapnya.

Reporter: priyo