Babinsa dan Warga Lakukan Penghijauan di Bantaran Sungai Kadirno

Dengarkan beritanya .

BOYOLALI lintasjatimnews.com – Dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah erosi tanah, Babinsa Koramil 15/Andong Kodim 0724/Boyolali Serda Agung Purwanto bersama pemdes Kedunglengkong Kecamatan Andong dan warga melaksanakan penanaman pohon di sepanjang bantaran sungai Kadirno Desa Kedungdowo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali. Rabu (13/03/24)

Penanaman pohon ini merupakan salah satu bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat, sekaligus mendukung program pemerintah dalam upaya pelestarian lingkungan.

Serda Agung Purwanto mengatakan, penanaman pohon ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor. “Kami berharap dengan adanya penanaman pohon ini, bantaran sungai/kali dapat terlindungi dari erosi tanah dan dapat meningkatkan kualitas air,” ujarnya.

Tambah Babinsa, Penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara nyata dan berkelanjutan guna menangani krisis lingkungan, begitu pentingnya sehingga penghijauan juga merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia,” katanya.

Penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berfungsi sebagai penyanggah dan kerindangan pohon dapat sebagai peneduh dari panasnya sinar matahari.

“Penanaman pohon ini punya banyak tujuan, di samping untuk keindahan lingkungan juga dapat mengurangi polusi udara,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kedunglengkong Bapak Suyadi mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa, Pemdes bersama warga. Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk peduli terhadap lingkungan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah membantu kami dalam penanaman pohon ini. Kami berharap, pohon-pohon ini dapat tumbuh subur dan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya

(Agus Kemplu)