Dandim 1307/Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin, Berikan Materi Bela Negara Dalam Kegiatan Tax Gathering Tahun 2024

Listen to this article

POSO lintasjatimnews.com – Komandan Kodim (Dandim) 1307/Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin, S.H.,M.Hub.Int. mengajak menanamkan kecintaan terhadap NKRI dengan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, hal tersebut disampaikan oleh Dandim 1307/Poso saat memberikan materi bela negara dalam kegiatan Tax Gathering tahun 2024 yang bertajuk “Bersama Membangun Bangsa Satukan Langkah Untuk Kemajuan Indonesia”, bertempat di gedung Torulemba Rujab Bupati Poso, Jalan Tadulako, Kelurahan Bonesompe, Kecamatan Poso Kota Utara, Kabupaten Poso. Selasa, (05/3/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh KPP Pratama Poso ini di hadiri oleh, Bupati Poso di wakili Kadis Perizinan Kab. Poso, Rudy Ricardo Rompas, S.H.,M.Si., Bupati Tojo Una-Una di wakili oleh Staf Ahli Bupati, Hamid Lasadi, Dandim 1307/Poso Letkol Inf. Hasroel Tamin, S.H.,M.Hub.Int., Kapolres Poso di wakili Waka Polres Poso, Kompol Basrum Sychbutuh, S.H., Kapolres Tojo Una- Una di wakili oleh Kabagren Polres Tojo Una-Una, AKP Rahim Malingga, Kepala KPP Pratama Poso, Adi Barata, Kajari Poso di wakili Kasi Datun, Rosy Haromain, S.H., Kajari Tojo Una-Una di wakili Jaksa, Muh. Dimas T, S.H., dan Para tamu undangan yang hadir + 80 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1307/Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin, S.H.,M.Hub.Int., menyampaikan bahwa TNI sebagai alat pertahanan negara, yang memiliki peran, fungsi serta tugas khusus untuk menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bentuk dari Bela Negara adalah tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Oleh karena itu, setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban turut serta dalam membela negara, sesuai dengan kemampuan dan profesinya masing-masing, jelas Dandim Letkol Inf Hasroel Tamin.

Dandim 1307/Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin menerangkan, edukasi, sosialisasi, dan pemahaman mengenai pajak harus dilakukan, bahkan sejak dini. Pendidikan mengenai ketatanegaraan, kewarganegaraan, atau kecintaan terhadap negara harus dalam satu nafas dengan kewajiban untuk membayar pajak. “Karena itu adalah bentuk bernegara yang paling konsisten dan paling mampu untuk menjaga kepentingan bersama,” ucap Letkol Inf Hasroel Tamin.

“Bela Negara pada zaman dahulu melawan penjajah yakni berjuang untuk merdeka, tetapi berbeda dengan sekarang harus adaptif, kompetitif dan sinergis. “Bukan lagi dengan senjata maupun perlawanan, namun dengan sadar akan pentingnya pajak dan ikut berkontribusi dalam pembangunan negeri juga merupakan bentuk bela negara”, ujarnya.

Dengan membayar pajak, kita telah turut berkontribusi dalam membiayai pertahanan dan keamanan negara. Pertahanan dan keamanan yang kuat akan menjamin kedaulatan dan keutuhan wilayah negara.

Letkol Inf. Hasroel Tamin, S.H.,M.Hub.Int. berharap dengan adanya sinergitas yang dibangun, agar kepatuhan yang telah diraih dapat terus dipertahankan di masa yang akan datang guna menjamin dan turut berupaya mengamankan penerimaan negara demi kemakmuran bersama.

Reporter : ihwan