Inspiratif, PMM UMM 82 Latih Paguyupan PKK Tlogomas Membuat Kripik Telur Asin

Listen to this article

MALANG lintasjatimnews.com – Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Univeritas Muhammadiyah Malang (PMM UMM) dilaksanakan oleh kelompok 82 gelombang 2 untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) www.umm.ac.id.

Kelompok PMM ini beranggotakan 5 orang terdiri dari Mohamad Dafa Falih sebagai Koordinator, Andi Achmad, Choiro Umati Ilma, Alvina Astari Royhana yang merupakan mahasiswa dari Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian Peternakan, dan Meli Wulandari yang merupakan mahasiswa dari program studi bahasa arab,Fakultas Agama Islam. Dibawah dosen pembimbing lapang (DPL) Ervan Dani Septia, SP.,MP.

Pelatihan pembuatan kripik telur asin yang digalakan oleh Mahasiswa PMM UMM kelompok 82 meruapakan salah satu program utama yang sasaranya kepada Ibu-Ibu PKK Rt.1/Rw.7 Keluarahan Tlogomas dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan, kemandirian masyarakat dan menambah kegiatan paguyupan yang dapat menambah income bagi paguyupan PKK.

Program ini dilaksanakan selama tiga hari, pada hari pertama diadakan pengenalan anggota PMM dan sosialisasi terkait tujuan dan materi tentang mengapa memilih tema pembuatan kripik telur asin serta mempersiapkan alat bahan yang dibutuhkan saat pelatihan.

Pada hari kedua kegiatan Mahasiswa PMM UMM melaksanakan pelatihan pembuatan kripik telur asin yang terdiri dari menjelaskan langkah-langkah pembuatan, setelah itu ibu-ibu PKK secara langsung praktek yang didampingi oleh para mahasiswa PMM mulai dari pembuatan adonan sampai mengukus adonan sampai matang serta proses menjemuran yang membutuhkan waktu sehari.

Pada hari ketiga kegiatan program pelatihan ini melanjutkan proses selanjutnya yaitu pengorengan serta tahapan terkahir yang dilakukan setelah pengorengan yaitu pengemasan yang menggunakan toples kotak dan diberi setiker agar lebih menarik.

Kegiatan pelatihan ini berjalan dengan lancar terlihat para ibu-ibu PKK sangat antusias dan senang, bahkan Ibu nunuk sebagai Ketua PKK Rt 01, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan pelatihan ini. “Kami sangat mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa PMM 82 UMM atas inisiatif positif ini. Semoga ilmu yang diberikan kepada Ibu-ibu dapat menjadi bekal mereka untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” ungkap Nunuk.

Acara ini diakhiri dengan membagikan hasil pelatihan pembuatan kripik telur asin serta tak lupa diabadikan dalam sebuah foto bersama-sama. Mahsiswa PMM 82 UMM berharap pelatihan yang diberikan dapat bermanfaat bagi ibu-ibu maupun Paguyupan PKK sendiri.

Reporter: Alfain Jalaluddin Ramadlan