Pemungutan Suara di Kampung Nelayan Paciran Lamongan Lancar dan Aman

Dengarkan beritanya .

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Pemilu tahun 2024 merupakan Pemilu yang menggabungkan pemilihan anggota DPD, DPR, DPRD, serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden seperti Pemilu 2019. Hal ini berdasarkan Undang-undang Pemilu (UU Pemilu) nomor Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Semua tahapan Pemilu 2024 telah dilalui dengan baik, Rabu (14/2/2024) merupakan tahapan pemungutan suara yang dilakukan pemilih. Pesta demokrasi sebagai ajang lima tahun sekali benar-benar dinikmati oleh bangsa Indonesia, hal ini terbukti rakyat berduyun-duyun mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan sabar menunggu giliran dipanggil panitia untuk menuju bilik suara.

Proses menuju hari pelaksanaan pesta demokrasi benar-benar sangat terjal, berliku-liku, dan sangat melelahkan bagi semua pihak. Harapan rakyat, semoga Pemilu 2024 berjalan dengan jujur, adil, lancar, aman, dan sukses, serta menghasilkan pemimpin-pemimpin berkualitas yang dapat dipercaya dan mampu menjalankan tugas-tugas pemerintahan lima tahun ke depan.

Hari ini rakyat Indonesia menentukan pilihan berdasarkan hati nuraninya, termasuk di perkampungan nelayan Paciran Lamongan. Berdasarkan pantuan reporter lintasjatimnews.com, di kampung Pesisir Dusun/Desa Paciran terdapat 12 TPS. Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan yang terpanggil untuk menetukan suaranya.

Di TPS 35 dan 36 terletak di Jalan Watu Bolongan, tepat pukul 08.00 WIB sudah dipadati pemilih dengan membawa surat penggilan dari ketua KPPS dan KTP yang ditunjukkan kepada panitia untuk diantrikan. Selanjutnya antrian dipanggil panitia memanggil secara berurutan, tepat pukul 12.00 WIB kedua TPS memastikan sudah selesai melayani dengan baik masyarakat yang menyalurkan aspirasinya.

TPS 35 ditempatkan di halaman MIM 02 Pondok Modern Paciran dengan jumlah total pemilih 248 (123 pemilih laki-laki dan 125 pemilih perempuan). Sedangkan TPS 36 bertempat di ruang UMLA kampus II Paciran, jumlah total pemilih 233 (121 pemilih laki-laki dan 112 pemilih perempuan). Saat berita diturunkan, panitia sedang beristirahat secara bergantian.

Mahfudhoh, salah satu pemilih yang sedang antri menuturkan, “Alhamdulillah saya sudah mengumpulkan ke panitia surat panggilan ke TPS, tinggal menunggu giliran mendapatkan surat suara dan masuk bilik. Untuk Capres, Cawapres, Caleg pusat, provinsi, dan kabupaten sudah punya pilihan, tetapi yang calon DPD masih awam karena tidak ada yang mengenal,” tuturnya.

Rencananya surat suara siap dihitung pukul 14.00 WIB, dimulai dari surat suara Capres-cawapres, Caleg DPR Pusat, anggota DPD, Caleg Provinsi, dan Caleg Kabupaten. Sampai berita diturunkan, pemungutan suara berjalan lancar dan aman sesuai dengan harapan semua pihak.

Reporter: Efendy