PLP Dua STAI di SMPM Jipat Karangasem Lamongan Resmi Ditutup, Ini Kesannya

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Sebanyak 8 mahasiswa dari 2 Perguruan Tinggi (PT), STAI Muhammadiyah (STAIM) Ponpes Karangasem Paciran Lamongan dan STAI Al Ihsan Surabaya yang mengadakan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) di SMP Muhammadiyah 14 (SMPM Jipat) Karangasem selama satu bulan resmi berakhir.

PLP dimulai sejak tanggal 11 Januari sampai dengan 11 Februari 2024 merupakan kegiatan wajib bagi semua mahasiswa jenjang Strata Satu (S1) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Kegiatan PLP sebelumnya bernama PPL (Praktik Pengaman Lapangan) sebagai salah satu kewajiban bagi mahasiswa untuk praktik mengajar sebagai bentuk penerapkan teori belajar yang diperoleh di bangku kuliah.

Kegiatan penutupan PLP dikemas sederhana yang dihadiri seluruh mahasiswa dari PT tersebut. Tampak hadir kepala SMPM Jipat dan 2 wakil kepala, guru pamong (PAI), Dosen Pembimbig Lapangan (DPL), ketua kelas yang ditempati PLP, dan ketua organisasi intra yang berada di lingkungan SMPM Jipat.

Penutupan dilangsungkan di Aula lantai III kampus SMPM Jipat Karangasem, Ahad (11/2/2024). Susunan acara sebagai berikut; pembukaan, pembacaan ayat-ayat Alquran (siswa SMPM Jipat), sambutan DPL, sambutan kesan-kesan perwakilan mahasiswa, sambutan kepala sekolah, pemberian cinderamata, dan penutup.

DPL program PLP STAIM Karangasem Paciran, Fazat Azizah, SSi MPd, menyampaikan dalam sambutannya, “Saya terima kasih kepada bapak kepala sekolah dan wakilnya, guru pamong, serta undagan yang hadir saat ini. Alhamdulillah selama sebulan mahasiswa kami telah diberi kesempatan untuk mengakan praktik mengajar di lembaga ini. Semoga kesempatan ini menjadi pengalaman terbaik bagi mahasiswa,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan mahasiswa, M. Jamal Wahyudi, menyampaikan kesannya selama mengadakan PLP di SMPM Jipat, “Saya dan teman-teman bersyukur mendapatkan kesempatan untuk mengakan praktik mengajar pertama kali secara formal di SMPM Jipat,” jelasnya.

“Bagi kami, ini merupakan pengalaman yang sangat berharga. PLP ini bagian dari pengalaman yang tidak pernah terlupakan. Ternyata tantangan dalam mengajar sangat berat, tidak semudah seperti dalam teori. Kami menyampaikan terima kasih kepada civitas akademika yang telah menyambut dan menerima kami dengan sangat baik dan ramah,” kesannya.

Selanjutnya kepala SMPM Jipat Karangasem Paciran, Ali Efendi, SPd MPd, Menyampaikan sambutannya, “Terima kasih kepada ketua STA Muhammadiyah Karangasem dan STAI Al Ihsan Surabaya yang telah menjalin kerjasama dengan lembaga kami dalam kegiatan PLP. Terima kasih kepada seluruh mahasiswa dan DPL,” jelasnya.

“Jalinan yang sudah dibangun dalam bingkai PLP jangan sampai terputus selesai bertugas, tetapi harus tetap dirawat dengan baik dalam silaturrahim lainnya. Kami membuka kesempatan selebar-lebarnya kepada mahasiswa untuk bisa melakukan penelitian di sini dalam menyusun skripsi sebagai tugas akhir. Mahasiswa sudah mempunyai modal dan sudah beradaptasi di sini, tinggal meneruskan,” pungkasnya.

Berikut ini daftar peserta PLP dari STAI Muhammadiyah Karangasem Paciran dan STAI Al Ihsan Surabaya Tahun Akadeimik 2023-2024:

Mahasiswa STAI Muhammadiyah Karangasem peserta PLP 2024:

  1. Ninik Ulyatul Amiroh
  2. Ilma ‘Ainus Shofa
  3. Arina Faqihatul Alfafa
  4. Anafidatul Ainiyah
  5. M. Jamal Wahyudi
  6. Zidanul Khaq

Mahasiswa STAI Al Ihsan Surabaya peserta PLP 2024:

  1. Haekal Amirul Akbar
  2. Muhammad Fadhlan Mustafid

Reporter: Efendy