Dua Siswi SMPM Jipat Karangasem Lamongan Sabet Juara Lomba Desain Batik Kelautan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Dua Pelukis SMP Muhammadiyah 14 (SMPM Jipat) Pondok Pesantren Karangasem Paciran, Lamongan menyabet Juara 1 dan 2 dalam Lomba Desain Batik Kelautan atau Kenelayanan. Kegiatan Lomba berlangsung Selasa (6/2/2024) yang diikuti siswa-siswi se Kabupaten Lamongan Tingkat SMA dan SMP sederajat.

Lomba Desain Batik Kelautan diselenggarakan dalam rangka Festival Golok Sabrang bagian dari agenda tahunan Petik Laut 2024. Tempat kegiatan di pendopo Rukun Nelayan (RN) Kelurahan Blimbing, Paciran Lamongan, sekaligus sebagai penyelenggara lomba.

Ketua RN Blimbing, Nur Wahid, lewat telepon seluler menyampaikan kepada reporter lintasjatimnews.com, “Target utama bahwa Petik Laut adalah even budaya, maka kegiatan yang diselenggarakan mengedepankan aspek budaya yang berkembang di masyarakat terutama kearifan lokal,” jelasnya.

“Ada dua kegiatan untuk siswa-siswi, mewarnai gambar dan membatik dengan tema kelautan dan perikanan. Khusus lomba desain batik merupakan yang pertama diadakan untuk menggali batik motif khas kelautan atau nuasa budaya pesisir. Selama ini batik Lamongan hanya bermotiv ikan air tawar bandeng dan lele saja,” pungkasnya

Lebih lanjut, pria asal lingkungan Gowa Blimbing yang akrab dipanggil Mas Wahid, menjelaskan bahwa jenis dan ragam ikan laut yang jumlah banyak bisa dijadikan motiv batik. Hasil karya batik dari peserta lomba bagus-bagus, ada yang motiv cumi-cumi, udang, dan jenis ikan laut. Jadi event lomba batik ini untuk mengangkat kearifan budaya lokal dengan tema kelautan dan perikanan.

Dua pelukis SMPM Jipat Karangasem dinobatkan sebagai pemenang dengan menyabet juara 1 dan 2. Sebagaimana yang diumumkan Panitia Lomba Desain Batik Kelautan atau Kenelayanan tahun 2024 yang dislebggarakan RN Blimbing Paciran Lamongan.

Juara 1: Husnia Imro’atul Mukaromah
Lahir di Surabaya, 11 Januari 2009
Kelas IX E (TCP)
Alamat: Bangkingan, Lakar Santri, Surabaya
Nama Ayah: Kusmiyanto
Nama Ibu: Lilik Purwaningsih

Juara 2: Aurel Alfiana Ramadhani
Lahir di Gresik, 26 Agustus 2009
Kelas IX E (TCP)
Alamat: Pantenan, Panceng, Gresik
Nama Ayah: Ali Muhsin
Nama Ibu: Fatmawati

Lianatul Ma’lufah, MPd, pembina ekstrakurikuler Seni Lukis SMPM Jipat menjelaskan, “Anak-anak telah terbiasa berlatih melukis sehingga tinggal menyiapkan motivasi agar semangat. Kebetulan temanya tentang kelautan dan perikanan, maka pilihan ikan di perairan laut banyak jenisnya untuk dijadikan motiv batik,” jelasnya.

Atas prestasi yang diraih dua pelukis SMPM Jipat Karangasem Paciran Lamongan berhak mendapatkan Tropy, Sertifikat, dan Dana Pembinaan. Pembagian penghargaan akan diberikan hari Jumat (9/2/2024) pada saat acara penutupan Petik Laut 2024.

Selamat dan sukses pelukis SMPM Jipat Karangasem, tetap semangat dan teruslah tekun berlatih untuk mengikuti di event yang berbeda.

Reporter: Efendy