Tingkatkan Kewaspadaan Dini, Danramil 0801/01 Pacitan Ikuti Rakor Bersama Jajaran Forkopimda

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews.com – Untuk mewujudkan situasi yang aman, damai dan kondusif jelang menghadapi pemilu 2024, Danramil 0801/01Pacitan Kodim 0801/Pacitan bersama jajaran Forkopimda mengikuti kegiatan Rakor yang berlangsung di ruang pertemuan Bakesbangpol Jl. Ronggowarsito Kab. Pacitan, Sabtu (27/01/2024).

Kegiatan Rakor yang dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dari berbagai lembaga dan instansi itu, diharapkan menjadi langkah antisipatif dalam meningkatkan kewaspadaan secara dini terhadap segala kemungkinan yang terjadi jelang pelaksanaan pemilu 2024.

Dalam keterangannya, Danramil 0801/01 Pacitan Kapten Dadut Kav Setiawan menyampaikan, bahwa Rakor ini menjadi langkah strategis dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat selama proses demokrasi berlangsung.

“Dengan kolaborasi dan sinergi yang baik dengan semua pihak, kami sangat optimis pelaksanaan pemilu 2024 khususnya di wilayah Kab. Pacitan dapat berjalan sesuai yang diharapkan”, ungkapnya usai mengikuti kegiatan Rakor kepada awak media.

Berbagai langkah strategis juga dibahas dalam Rakor ini, termasuk pemantauan potensi konflik, upaya pencegahan propaganda yang dapat memicu polarisasi masyarakat, dan peningkatan koordinasi antar lembaga dalam penanganan situasi darurat.

“Sejumlah langkah konkret pun dihasilkan dalam Rakor tersebut, seperti peningkatan pengawasan terhadap media sosial guna mencegah penyebaran berita palsu atau hoaks yang dapat memicu ketegangan sosial, serta pemetaan wilayah-wilayah yang berpotensi rawan konflik”, jelasnya.

Lebih dari itu, komitmen bersama untuk menjaga netralitas penyelenggara pemilu 2024 juga menjadi fokus utama Rakor. Semua pihak sepakat untuk bekerja sama dalam menciptakan atmosfer yang kondusif, adil dan sejuk bagi seluruh peserta pemilu.

“Melalui Rakor ini, mudah-mudahan kewaspadaan dini dapat ditingkatkan sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dalam proses demokrasi tanpa adanya ancaman keamanan. Keterlibatan aktif seluruh lapisan masyarakat diharapkan dapat menciptakan pemilu yang damai, jujur, dan demokratis”, pungkasnya.

Reporter: priyo