Seribu Lebih Peserta Hadiri Pembukaan JISCOM SMPM Jipat Karangasem Lamongan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Jipat Islamic and Sport and Competition (JISCOM) 2024 SMP Muhammadiyah 14 (Jipat) Paciran dibuka resmi Kepala Bagian (Kabag) Pendidikan Pondok Pesantren (Ponpes) Karangasem Paciran Lamongan, Sabtu (27/1/2024).

JISCOM 2024 SMPM Jipat Karangasem merupakan perlombaan sebagai agenda tahunan, adapun kegiatannya di bidang keagamaan dan olahraga (sport) Tingkat Jawa Timur. Di antara lomba yang diselenggarakan; Olimpiade PAI, Kaligrafi, dan Futsal bagi siswa-siswi SD/MI. Sedangkan Lomba Ketrampilan Baris Berbaris (LKBB) bagi siswa-siswi tingkat SD/MI dan SMP/MTs.

Pembukaan JISCOM 2024 SMPM Jipat Karangasem ditempatkan di lapangan sekolah yang dihadiri seribu lebih peserta yang berasal dari siswa, guru pendamping, dan suporter. Apel pembukaan dipandu Akbar Almubasyyir, SPd., perserta apel pembukaan berasal dari perwakilan masing-masing mata lomba.

Apel dikemas sederhana dengan petugas pemimpin apel, Jhony Kurniawan. Sambutan kepala SMPM Jipat Karangasem sebagai pembina apel (Ali Efendi, MPd), pembukaan resmi oleh Fatih Futhoni, SPdI MPd, dan doa dibacakan ustadz Edy Purwanto, SE SPdI.

Kegiatan lomba dijadwalkan selama dua hari, Sabtu dan Ahad (27-28/1/2024). Hari pertama kegiatan LKBB dengan peserta 15 tim tingkat SD/MI dan SMP/MTs terdaftar 21 tim sehingga jumlah peserta LKBB 36 tim. Masingmasing tim berjumlah 16 siswa, maka jumlah total peserta LKBB 576 siswa.

Sedangkan tim futsal yang terdaftar 32 tim, masing-masing tim berjumlah 14 siswa, maka jumahnya 448 siswa. Pada hari kedua dilangsung lomba Olimpiade PAI dengan jumlah peserta 28 siswa dan lomba Kaligrafi pesertanya berjumlah 49 siswa. Jika dijumlah total peserta yang mengikuti pembukaan JISCOM 1.101 siswa, belum termasuk guru pendamping dan suporter dari masing-masing tim.

Ketua panitia JISCOM 2024, Drs Abdul Wahab, MPd, menjelaskan kepada reporter lintasjatimnews.com, “Alhamdulillah JISCOM yang diselenggarakan SMPM Jipat Karangasem tahun ini lebih semarak dan ramai. Hal itu, terlihat dari antusias peserta yang mendaftar dalam mata yang dilombakan,” jelas guru mata palajaran IPS.

“Peserta yang terdaftar sangat jauh-jauh, termasuk ada yang berasal dari SD Negeri 1 Buddan Bangkalan Madura dan MTs Miftakhul Ulum Kradinan Madiun. Saya menyampaikan terima kasih kepada suluruh peserta dan guru pendamping yang telah berpartisipasi dalam JISCOM tahun ini. Juga seluruh panitia yang bekerjasama dengan baik sehingga kegiatan berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya.

Selamat bertanding seluruh tim yang bertanding di ajang JISCOM 2024 SMPM Jipat Karangasem. Junjung tinggi sportivitas dan semoga sukses.

Reporter: Efendy