Al Ishlah Campus Expo 2024 Diikuti 37 Kampus, Begini Pesan Kamad

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Sebanyak 37 utusan kampus hadir dan mensosialisasikan kampusnya di Al Ishlah Campus Expo 2024 yang digelar di Pondok Pesantren Al Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan Jawa Timur, Jumat (26/1/2924).

Acara yang diikuti seluruh kelas XII tahun ini 305 anak (141 putra, 164 putri) ini diselenggarakan untuk membantu siswa kelas 12 MA Al Ishlah Sendangagung mengenali sejumlah kampus dan jurusan yang mungkin bisa dimasuki setelah mereka menyelesaikan pendidikan di madrasah ini.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Madrasah (Kamad) Aliyah Al Ishlah Sendangagung, Drs H Agus Salim Syukran MPdI. Dalam sambutannya, Kepala Madrasah menyampaikan hal-hal berikut.

Pertama, siswa kelas XII harus memanfaatkan waktu yang tersisa untuk menyiapkan diri sebaik-baiknya guna menghadapi dua agenda besar terdekat, yakni Ujian Madrasah dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi. “Tanpa persiapan dan kesungguhan, mustahil akan diraih hasil yang terbaik.” tegas suami Ibu Freti Fatmawati SE MPd ini.

Kedua, terkait studi lanjut di perguruan tinggi, siswa harus mulai memilih jurusan dan perguruan yang hendak dimasuki. Tentu dengan memperhatikan minat, bakat dan kemampuan. Agar bisa bersaing mendapat kursi di perguruan tinggi, tentu diperlukan persiapan juga. Karenanya perlu dipersiapkan sejak sekarang.

Ketiga, pendidikan di perguruan tinggi mungkin akan menjadi unsur yang membantu meraih sukses di masa depan, tapi bukan satu-satunya. Di zaman sekarang ini, ada unsur lain yang lebih menentukan kesuksesan seseorang, yaitu kepribadian (karakter, etika), etos kerja (kedisiplinan, kerja keras, kreativitas), dan juga keterampilan-ketrampilan khusus yang diperlukan di zaman kini.

“Karena itu, selain pendidikan formal, Anda harus terus memperkuat kepribadian secara optimal, dan meningkatkan diri dengan aneka keterampilan yang dibutuhkan zaman ini,” pungkas ayah tiga anak ini, (Jojo, Nashim, dan Hanin).

Sementara itu, Ketua Panitia Al Ishlah Campus Expo 2024, Ustadz Masyuk Harismawan SH mengucap syukur atas hadirnya 37 kampus, “Al hamdulillah tahun ini berhasil melaksanakan kegiatan tahunan, Al Ishlah Campus Ekspo 2024 ” ucap pria asli Jetak Paciran ini.

37 kampus itu adalah;

  1. UIN Raden Mas Said Surakarta, 2.Institut Tekhnologi Bandung (ITB)
  2. Universitas Trunojoyo Madura
  3. UNESA
  4. UIN MALANG
  5. UNAIR
  6. UI
  7. Universitas Negeri Malang (UM)
  8. Universitas Brawijaya (UB) Malang
  9. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
  10. Universitas Muhammadiyah Surabaya
  11. Politeknik Negeri Jember (Polije)
  12. UIN Jakarta
  13. ITS
  14. UIN Tulungagung
  15. POLTEKES KERTA CENDEKIA
  16. UIN Surabaya
  17. PPNS
  18. UNPAD
  19. UIN Semarang
  20. PENS
  21. UNEJ
  22. UIN Bandung
  23. UNDIP
  24. UPN Veteran Jatim
  25. UIN Jember
  26. UMY
  27. UNY
  28. Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an dan Sains Al Ishlah STIQSI
  29. UM Surakarta
  30. UGM
  31. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  32. IAIN Kediri
  33. POLINEMA
  34. Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA)
  35. Poltekkes Malang
  36. Institut Pertanian Bogor IPB.

Reporter Gondo Waloyo