SMPM 14 Jipat Karangasem Borong Gelar Juara LKBB di Jember, Inilah Rinciannya

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) SMP Muhammadiyah 14 (SMPM Jipat) Pondok Pesantren Karangasem Paciran, Lamongan memborong gelar Juara Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) Khasan Mujahid Season 3 Tahun 2023.

Kegiatan LKBB diselenggarakan SMK Plus Al-Mujahidi Jember yang beralamat Jl. Gajah Mada Tembokrejo, Gumukmas, Jember Jawa Timur, Ahad (14/1/2024). Acara LKBB yang diselenggarakan SMK Plus Al Mujahidi merupakan Kompetisi Kreatifitas Seni Baris Berbaris Tingkat MTs/SMP Sederajat Se Kabupaten Jember Open.

Sesuai dengan petunjuk teknis dan pelaksanaan (juknis dan juklak) dalam proposal lomba dan saat acara technical meeting yang diselenggarakan panitia LKBB SMK Plus Al-Mujahidi Jember. Maka ada beberapa ketentuan umum yang harus dipenuhi dan ditaati, oleh peserta lomba, di antaranya sebagai berikut:

  1. Peserta lomba adalah pelajar SMP/MTs sederajat Kabupaten Jember Open yang bisa dibuktikan dengan surat rekomendasi dari sekolah;
  2. Pasukan/Tim terdiri dari 15 Orang untuk Pasukan dan 1 Orang Danton. Masing-masing Pasukan/Tim didampingi 1 pelatih;
  3. Pasukan/Tim diperbolehkan homogen (putra/putri saja) atau heterogen (campuran) dengan syarat masih dalam satu sekolah;
  4. Setiap sekolah diperbolehkan mendaftarkan maksimal 3 Pasukan/Tim Untuk peserta luar kota dan Maksimal 5 Pasukan/Tim bagi dalam Kabupaten Jember;
  5. Peserta melakukan gerakan sesuai dengan ketentuan aba-aba dari panitia secara berurutan dengan waktu 10 menit;
  6. Peraturan PBB dasar mengacu pada ketentuan pokok pelaksanaan Perpang TNI nomor 57 dan 58 Tahun 2018;
  7. Peserta melakukan gerakan PBB secara urut sesuai dengan ketentuan gerakan LKBB Khasan Mujahid Season 3;
  8. Urutan penampilan adalah PBB Murni Lalu Variasi dan Formasi (tidak boleh dibalik);
  9. Sistem penilaian bersifat terbuka yang berdasarkan hasil penilaian juri (murni) sehingga dapat dipertanggung jawabkan dan panitia hanya bertugas merekap nilai;
  10. Seluruh peserta wajib memenuhi seluruh persyaratan tanpa terkecuali.

Peserta lomba LKBB diikuti 35 tim Paskibra se Kabupaten Jember Open. Adapun aspek penilian dalam LKBB SMK Plus Al-Mujahidi Jember Open tahun 2024; PBB Dasar (750 point), Variasi (100 point), Formasi (100 point), Danton (50 point), dan Konstum (100 point), jumlah totalnya (1.100 point) dengan status sebagai juara umum.

Tim Paskibra SMPM Jipat Karangasem Lamongan mendapatkan udian nomor urut 10 di antara 35 tim peserta yang berpartisipasi. Tampil dengan motivasi yang tinggi di hadapan juri, panitia, pelatih, pembina, dan peserta mendapatkan sambutan meriah dari penonton yang hadir di lapangan.

Pelatih ekstrakurikuler Paskibra SMPM Jipat, Kurniawan Willy Yanto, SPd, menyampaikan kepada reporter lintasjatimnews.com, “Peserta LKBB diselenggarakan SMK Plus Al-Mujahidi Jember dari sekolah/madrasah favorit se kabupaen Jember yang berjumlah 35 Tim Paskibra,” jelas Cak Willy, sapaan akrabnya.

“Paskibra SMPM Jipat merupakan satu-satunya dari Kabupaten Lamongan harus bersaing dengan tim Paskibra terbaik se Kabupaten Jember dan sekitarnya. Alhamdulillah Tim Paskibra SMPM Jipat Karangasem tampil dengan kompak dan penuh semangat sehingga mampu juara di lima katagori. Terima kasih kepada seluruh civitas akademika SMPM Jipat dan orangtua yang telah memberikan doa dan motivasinya,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMPM Jipat, Suminto, M.Pd., mengatakan, “Persiapan dan latihan tim Paskibra memiliki waktu yang cukup, tetapi jarak tempuh ke Jember cukup jauh. Maka anak-anak harus istirahat cukup sehingga mampu tampil dengan prima untuk meraih prestasi,” ujarnya.

Berikut ini 5 tropi yang diperoleh sesuai dengan katagori yang di raih dalam LKBB SMK Plus Al-Mujahidi Jember Open Tahun 2024:

  1. Memperoleh Juara 1 Kategori Madya
  2. Memperoleh Juara 1 Kategori Kontingen
  3. Memperoleh Juara 2 Kategori Danton
  4. Memperoleh Juara 2 Kategori Formasi
  5. Memperoleh Juara 4 Kategori Variasi

Selamat dan sukses atas prestasi yang diraih tim Paskibra SMPM Jipat Karangasem Paciran Lamongan di ajang LKBB SMK Plus Al-Mujahidi Jember Open Tahun 2024. dengan prestasi tersebut, maka tim berhak mendapatkan piala tetap dan sertifikat penghargaan.

Reporter: Efendy