PPL STAIM Karangasem Lamongan Dilepas, Begini Kesiapannya

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Ponpes Karangasem Paciran Lamongan dibuka dan dilepas resmi. Acara diselenggarakan di Aula KH M Yasin Syamsuri LKSA Yatim Muhammadiyah Karangasem Paciran, Sabtu (13/1/2024).

PPL dimulai sejak tanggal 13 Januari sampai dengan 13 Februari 2024 merupakan kegiatan wajib bagi semua mahasiswa jenjang Strata Satu (S1) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Kegiatan PPL sebagai salah satu bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu; pengabdian masyarakat atau lembaga pendidikan.

Pembukaan dan pelepaan PPL STAIM Karangasem Paciran semester genap 2023-2024 diikuti 45 mahasiswa. Acara dihadiri pimpinan kampus, tenaga kependidikan, dosen pembimbing lapangan, kepala sekolah dan madrasah yang ditempati PPL. Kegiatan pembukaan dipandu Ummi Shofiyah dan pembacaan ayat-ayat Alquran oleh Naufal Izzuddin (keduanya mahasiswa VI).

Ketua STAIM Karangasem Paciran, Yusuf Wibisono, SS MPdI, menyampaikan dalam sambutannya, “Saya berpesan kepada mahasiswa PPL untuk menjalankan kegiatan dengan serius dan sungguh-sungguh. Terapkan teori dan konsep yang telah diperoleh dalam proses akademik, jaga nama baik pribadi sebagai mahasiswa dan lembaga. Terima kasih kepada bapak/ibu kepala sekolah dan madrasah yang bersedia ditempati kegiatan PPL,” jelasnya.

Sementara itu, kepala MIM 16 Karangasem, Ni’ayah, SAg, menyampaikan, “Saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan STAIM untuk bekerjasama dengan MIM 16 dan lembaga pendidikan lainnya sebagai tempat kegiatan PPL mahasiswa. Saya bangga menjadi bagian dan alumni STAIM,” pungkasnya.

Selanjutnya kepala Prodi PAI STAIM Karangasem Paciran, Ahmad Musholin, SPdI MPdI, menjelaskan secara detail sebelum mahasiswa dilepas, “PPL yang diselenggarakan tahun ini berdasarkan sisten zonasi, yaitu mendekatkan tempat praktik dengan tempat tinggal mahasiswa. Sistem zonasi menjadikan mahasiswa lebih nyaman dan lebih memahami lingkungan tempat PPL,” ujarnya.

Ketua Prodi PAI menjelaskan lebih detail tentang proses awal sampai PPL dapat terlaksana, di antaranya; pra keiatan, sosialisasi kepada mahasiswa, observasi ke lembaga tempat PPL, penetapan dan vinalisasi tempat PPL, memberikan surat tugas dan proposal kegiatan ke lembaga, pembekalan, pembukaan, serta pelepasan.

“Di samping itu, mahasiswa akan dibina dosen pembimbing lapangan selama bertugas satu bulan minimal 3 kali bimbingan. Setelah PPL mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan secara individu dan laporan berkelompok. Laporan harus disetorkan maksimal 1 pekan sejak kegiatan PPL ditutup resmi,” jelas pria asal Sidodadi Kranji Paciran.

Berikut ini sekolah dan madrasah yang menjadi tempat kegiatan PPL mahasiswa STAIM Karangasem Paciran, di antaranya:

  1. MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran
  2. MI Muhammadiyah 20 Karangasem Paciran
  3. SMP Muhammadiyah 14 Karangasem Paciran
  4. MTs Muhammadiyah Weru Paciran
  5. MI Muhammadiyah 14 Brondong
  6. MTs Muhammadiyah Brondong
  7. SMP Muhammadiyah 4 Maduran

Selamat melaksanakan PPL mahasiswa STAIM Karangasem Paciran Lamongan, semoga diberikan kemudahan dan sukses dalam kegiatan praktik lapangan.

Reporter: Efendy