SMP Negeri 1 Laren Selenggarakan Sertijab Kepala Sekolah

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – SMP Negeri 1 Laren menyelenggarakan acara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Sekolah lama M. Said SPd MPd kepada Kepala Sekolah baru Muhammad Sholikhuddin SPd Selasa (09/01/2024).

Sertijab yang dilaksanakan di aula SMP Negeri 1 Laren, dihadiri oleh Kepala Dinas, Kepala Bidang GTK, dan Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan.

M. Said, S.Pd, M.Pd. dalam sambutannya memaparkan profil singkat SMP Negeri 1 Laren. Jumlah guru dan tenaga kependidikan, jumlah siswa dan sebaran asal siswa, serta kondisi geografis SMP Negeri 1 Laren. Said juga menyampaikan ungkapan terima kasih, dan permohonan maaf.

“Ucapan terima kasih disampaikan kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Laren yang telah, yang mendukung dan bekerja dengan baik untuk melaksanakan dan menyukseskan program sekolah,” ungkap M Said

Lanjutnya, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan beserta jajaran yang telah memberikan kepercayaan pada dirinya menjadi kepala sekolah sekaligus memberikan pembinaan dan motivasi untuk senantiasa meningkatkan mutu layanan pendidikan. Said juga menyampaikan ucapan terima kasih pada stakeholder lain yang ikut serta berperan memajukan pendidikan, khususnya mendukung program pendidikan SMP Negeri 1 Laren.

Selanjutnya Said menyampaikan ungkapan permohonan maaf pada seluruh guru dan staf tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Laren, bila selama satu setengah tahun membersamai mereka menunaikan tugas dinas ada terbersit salah kata atau salah tingkah yang membuat hati luka. Begitu pula sebaliknya, Said membuka pintu maaf dengan lapang dada memberikan maaf secara tulus mana kala ada khilaf baik disengaja maupun tidak disengaja dari pihak guru dan staf tenaga kependidikan.

Said, yang akan menempati posisi sebagai kepala SMP Negeri 3 Babat juga mengucapkan selamat kepada Muhamad Sholikhuddin, S.Pd. yang mendapatkan kepercayaan sebagai kepala SMP Negeri 1 Laren. Dirinya berharap Pak Sholikh, panggilan akrab Kepala SMP Negeri 1 Laren yang baru, bisa segera menyesuaikan diri dan berkoordinasi serta berkonsolidasi dengan seluruh guru dan staf tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Laren.

Kepada seluruh guru dan staf tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Laren, Said berpesan agar bisa segera membangun kerjasama dan komitmen mendukung sepenuhnya kepemimpinan kepala sekolah yang baru.

Labih lanjut Said berpesan, program sekolah yang sebelumnya bila ada yang dirasa kurang baik atau kurang berhasil segera dikomunikasikan dan dikoordinasikan sehingga menjadi program yang baik dan berhasil. Yang sudah baik tentu harus ditingkatkan agar lebih baik lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Ir. Munif Syarif, M.M. mengawali sambutannya dengan memberikan ucapan selamat kepada kedua kepala sekolah dengan harapan bisa segera menyesuaikan diri dan melaksanakan tugas dengan baik. Beliau menyampaikan bahwa mutasi atau perpindahan kepala sekolah itu lumrah atau biasa.

Selanjutnya Munif menginformasikan bahwa keberhasilan pendidikan kabupaten Lamongan ditunjukkan dengan meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM). tahun 2022 IPM Lamongan mencapai 74 dan tahun 2023 meningkat menjadi 75. Alhamdulillah selalu ada peningkatan dari tahun ke tahun. Padahal target IPM Indonesia di tahun 2045 adalah 74. IPM Lamongan sudah melampaui target IPM secara nasional.

Acara serah Sertijab Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Laren selain dihadiri Guru dan staf tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Laren dan SMP Negeri 1 Turi, hadir pula forkompimcam, yaitu Sekcam Laren, perwakilan dari Polsek dan Koramil Kecamatan Laren.

Acara yang dimulai pukul 10.30 berakhir pukul 13.00 ditutup dengan doa oleh ketua Komite SMP Negeri 1 Laren.

Reporter Fathurrahim Syuhadi