SMPM Jipat Karangasem Lamongan Adakan Rakerpim dan Outbond, Begini Serunya!

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Organisasi intra SMP Muhammadiyah 14 (Jipat) Pondok Pesantren (Ponpes) Karangasem Paciran Lamongan bergerak cepat. Setelah dilantik dan serah terima jabatan, sehari berikutnya mengadakan Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) dan Outbond.

Rakerpim dan Outbond diikuti pimpinan organisasi intra di lingkungan SMPM Jipat Karangasem yang berjumlah 150 peserta dan 17 guru pendamping. Kegiatan diselenggarakan di Agro Mulia Pasuruan, Jum’at (5/1/2024). Peserta berasal dari lima pengurus (pimpinan) organisasi intra di lingkungan SMPM Jipat, di antaranya: IPM, HW (Pramuka), 14-Media, Astronon Empat Satu, dan PMR.

Rakerpim bertujuan menyusun rencana program kerja selama satu periode masa jabatan, agar setiap kegiatan sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Sedangkan outbond merupakan kegiatan relaksasi perpaduan antara; permainan, gerak, dan tari diiringi dengan musik. Kegiatan outbond dipandu Tim Outbond Agro Mulia bukan hanya siswa-siswi yang ikut outbond, tetapi ada sebagian guru mengikuti.

Beberapa tahapan yang dilewati dalam kegiatan outbond, di antaranya; gerak ketangkasan secara individu dan kelompok, kekompakan dan semangat dalam beryel-yel, beragam permainan dipadu dengan gerak, musik dan beragam permainan. Tahap terakhir peserta outbond diberikan kesempatan untuk menguji mental dengan meniti tali di ketinggian (7 sd 9 meter) dan bergantian bermain flying fox.

Pukul 11.00 WIB kegiatan outbond diberhentikan sementara, untuk persiapan salat Jum’at di lokasi Agro Mulia. Bertempat di joglo salat Jum’at diselenggarakan dengan khatib dan imam Ust Mirza Auliaurrahman (Alumni SMPM Jipat Karangasem dan Pembina Pondok). Agenda dilanjutkan makan siang dan kegitan yang terjadwal.

Keseruan permainan outbond membawa kesan gembira ria bagi peserta, hal tersebut sebagaimana diungkapkan salah satu peserta yang bernama April, siswa kelas VIII asal Gresik yang memilih aktif di organisasi Ikatan Pelajar Muhamamdiyah (IPM). Setelah meniti di atas tali tampar dalam ketinggian, ia bercerita kepada reporter lintasjatimnews.com.

“Luar biasa outbond hari ini, saya kali ini mengikuti kegiatan dengan perpaduan gerak, musik, dan kekompakan. Saya sangat puas dan sangat seru permainannya, ada juga yang kena hukuman bagi yang melanggar dan tidak konsentrasi. Lebih-lebih saat saya meniti di tali dengan ketinggian, perasaan sangat berdebar-debar. Bayangkan teman-teman berteriak-teriak menggota dari bawah,” ceritanya.

“Di samping itu, kita diajak jalan-jalan ke kebun yang berada di lokasi Agro Mulya untuk menikmati pemandangan pohon buah yang beragam. Ada salak, alpukat, durian, kedondong, Nangka, dan lain-lain. Sayangnya belum berbuah sehingga tidak bisa menikmati,” pungkasnya.

Rangkaian kegiatan Rakerpim dan Outbond telah berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Dilanjutkan dengan penutupan dan persiapan untuk pulang ke pondok. Selamat dan sukses atas terselengganya kegiatan Rakerpim dan Outbond, semoga peserta mampu mengambil manfaatnya. Amin.

Reporter: Efendy