Organisasi Intra SMPM Jipat Karangasem Lamongan Dilantik, Inilah Pesan Kasek

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Setelah sukses menyelenggarakan pesta demokrasi organisasi intra SMP Muhammadiyah 14 (Jipat) Pondok Pesantren (Ponpes) Karangasem Paciran Lamongan pada pertengahan bulan Desember 2023). Agenda awal Tahun Pelajaran 2023-2024 semester genap, pengurus demisioner menyiapkan agenda pelantikan dan serah terima jabatan.

Terdapat 5 organisasi intra di lingkungan SMPM Jipat Karangasem yang akan dilantik dan prosesi merima jabatan baru dari masing-masing organisasi. Adapun organisasi intra tersebut di antaranya; Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Kepanduan Hizbul Wathan (HW), 14-Media (Jurnalistik), Palang Merah Remaja (PMR), dan Club Astronomi Karangasem Paciran Lamongan (Caskapal).

Kegiatan pelantikan dan serah terima jabatan bertempat di Aula KH Abdurrahman Syamsuri Ponpes Karangasem, Kamis (4/1/2024). Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh siswa-siswi SMPM Jipat, Kabag Pendidikan (Ust Fatih Futhoni, MPd), Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru dan tenaga kependidikan, PC IPM Paciran, dan undangan.

Susunan acara dikemas dengan pembukaan, pembacaan ayat-ayat Alquran, proses pelantikan dan serah terima jabatan dari pengurus lama kepada pengurus baru dari masing-masing organisasi intra sekolah. Selanjutnya undangan diberikan kesempatan untuk mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus baru.

Mata acara berikutnya sambutan perwakilan pengurus lama untuk menyampaikan permohonan maaf dan berterima kasih, serta berpamitan. Sedangkan perwakilan ketua baru diberikan kesempatan untuk memberikan kata sambutan dan mohon dukungan kepada seluruh anggota dan pengurus lama agar kelancaran selama menjalankan amanah selama satu periode.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan (Suminto, MPd), menyampaikan kepada repoter lintasjatimnews.com, “Penyamaan jadwal kegiatan intra sekolah disesuaikan dengan agenda dan program sekolah, tujuannya supaya kegiatan belajar siswa-siswi tidak terganggu,” jelasnya.

“Seluruh agenda intra sekolah dilaksanakan secara terpadu, mulai dari reformasi pengurus, pelantikan dan serah terima jabatan, serta rapat kerja pimpinan (rakerpim) dan outbond. Seperti kegiatan pelantikan dan serah terima jabatan yang sekarang diselenggarakan merupakan paket jadwal yang terintegrasi,” pungkas guru Bahasa Inggris kelahiran 1982.

Sedangkan kepala SMPM Jipat Karangasem (Ali Efendi, MPd) dalam sambutannya memberikan ucapan selamat dan sukses kepada pengurus yang baru dilantik. Selain itu, ia menyampaikan ungkapan terima kepada pengurus lama yang telah mengabdi dan melaksanakan program dengan sangat baik selama satu periode.

Selanjutnya kepala sekolah yang menjabat dua periode, berpesan tiga hal yang harus dipegang dalam menjalankan roda organisasi, di antaranya; Pertama, menjadi pimpinan organisasi harus siap menghadapi tantangan dan rintangan yang menghadang, maka harus dihadapi dengan menjalin kerjasama dengan baik.

Kedua, pimpinan organisasi harus siap bersaing dalam percaturan globalisasi dan kemajuan teknologi komunikasi saat ini. Apabila tidak ikut ambil bagian perkembangan zaman, maka dipastikan akan menjadi penonton semata. Ketiga, pemimpin harus memiliki sifat-sifat yang telah diwariskan Nabi Muhammad SAW, yaitu Shidiq, Tabligh, Amanah, dan Fathonah (STAF).

Reporter: Efendy