Agus Eswandi Peroleh Suara Tertinggi Mohammad Shodiq Pimpin PCPM Paciran

Listen to this article

LAMONGAN Lintasjatimnews.com – Agus Eswandi peroleh suara tertinggi Mohammad Shodiq pimpin PCPM Paciran periode 2023-2027. Ini adalah hasil akhir dari rangkaian kegiatan Musyawarah Cabang (Musycab) ke-sepuluh Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Paciran yang dilaksanakan di Aula PONPES At Taqwa Kranji, 29 Desember 2023.

Musyawarah Cabang adalah kegiatan musyawarah tertinggi di lingkup kecamatan (Cabang) dalam rangka mengevaluasi program kerja sebuah kepemimpinan dalam organisasi selama satu periode serta merencanakan program kerja dan memilih pemimpin baru untuk satu periode ke depannya.

Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Paciran adalah merupakan salah satu barometer perkembangan gerakan kemuhammadiyahan di daerah Lamongan Jawa Timur.

PCPM Paciran membawahi 18 Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah (PRPM), antara lain Ranting Banjarwati, Blimbing, Dengok, Jetak, Kandangsemangkon, Kemantren, Kranji, Paciran, Sendangagung, Sidodadi, Sidokumpul, Sumurgayam, Sumuran, Tepanas, Tlogosadang, Tunggul, Warulor, dan Weru.

Kegiatan Musycab ke-X PCPM Paciran ini diikuti oleh empat orang utusan dari setiap ranting di seluruh Paciran, Pimpinan Harian PCPM Paciran periode 2018-2023, serta dihadiri undangan dari PDPM Lamongan, PCM Paciran, PCNA, PCIPM, Kwarcab HW, Ketua Tapak Suci, Camat Paciran, PRM Kranji, PRNA Kranji, serta Viva Yoga Mauladi, M.Si., sebagai keynote speaker.

Mengakhiri masa kepemimpinannya sebagai ketua PCPM Paciran, Anas Ma’ruf menyampaikan rasa terimakasih kepada semua hadirin atas support yang telah diberikan kepada organisasi yang dipimpinnya. “Terimakasih kepada semua yang telah mendukung dan menyuport kami dalam melaksanakan tugas persyarikatan selama satu periode ini”, katanya.

Anas juga menyampaikan harapannya agar Pemuda Muhammadiyah Paciran ke depan menjadi lebih baik. “Kami berharap dan mohon kepada generasi penerus kami agar melanjutkan estafet kepemimpinan dan organisasi ini agar menjadi lebih baik lagi. Yang nampaknya kurang baik dari kami mohon ditinggalkan dan yang baik mohon dilanjutkan agar semakin baik”, lanjutnya.

Sekretaris PCM Paciran yang baru ini juga mohon pamit kepada seluruh hadirin, “Saya pamit, karena saya sudah expired (purna) dari pemuda Muhammadiyah, dan sekaligus diamanati sebagai sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah Paciran periode 2023-2027, mohon kami didoakan agar dapat menjalankan amanat dengan baik”, pungkasnya.

Sambutan dari PCM diwakili oleh Shodikin Hamim, Majelis Pendidikan Kader. Pada kesempatan kali ini dia berpesan kepada para pemuda yang sudah purna tugas, entah karena usia atau kerena faktor lain, “Pemuda yang hari ini sudah purna tugas bukan berarti tanggung jawab dan amanat itu selesai, melainkan tanggung jawab akan tetap melekat dan semakin berat”, jelasnya.

Selain itu Sodikin juga menyampaikan pesan agar siapapun yang terpilih menjadi pimpinan agar membawa PCPM Paciran semakin baik lagi, “Saya atas nama Pimpinan Cabang berpesan, pemuda yang nantinya terpilih menjadi pimpinan agar membawa pemuda Muhammadiyah Paciran lebih baik daripada kepemimpinan yang sebelumnya”.

Khusnul Abid, ketua PDPM Lamongan dalam sambutannya mengharapkan kepemimpinan PCPM Paciran ke depan diwarnai oleh pemimpin-pemimpin yang berkarakter, “Kami berharap pelaksanaan musyawarah cabang ini nanti akan terpilih pemimpin-pemimpin yang sesuai dengan kaidah Islam, pemimpin yang sesuai dan mencerminkan karakter kepemimpinan Nabi Muhammad SAW”.

Sebelum mengakhiri sambutan dan membuka acara pada pukul 14.57, Abid menyampaikan bahwa kaderisasi berkelanjutan itu penting, “Hal ini cocok ketika mas Anas pada saat ini menjadi sekeretaris PCM berangkat dari PCPM, ini adalah salah satu contoh kaderisasi berkelanjutan”, pungkasnya.

Setelah menjalani serangkaian acara Musycab, pemilihan formatur pun digelar dengan menggunakan system E-voting. Pada kesempatan ini setiap musyawirin memilih 13 formatur dari 47 calon formatur untuk kemudian diambil 14 jumlah suara tertinggi.

Tepat pada pukul 21.30 proses pemilihan formatur melalui E-voting selesai dengan perolehan:

  1. Agus Eswandi 70 suara
  2. Mohammad Shosiq 64 suara
  3. Fikriyansyah 63 suara
  4. Abdullah Bahris 62 suara
  5. Miftahul Fiqri 59 suara
  6. Syaifuddin 55 suara
  7. M. Luthfi 54 suara
  8. Hilal Husni 45 suara
  9. Moh. Syarifuddin 42 suara
  10. Abdullah Arifuddin 37 suara
  11. Firman Azizi 35 suara
  12. Ikhwanus Syarif 33 suara
  13. Dedi Kurniawan 33 suara
  14. Moh. Suwandi 33 suara

Selanjutnya rapat formatur digelar dan diikuti oleh 14 kader dengan perolehan suara tertinggi serta didampingi perwakilan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Lamongan bidang Organisasi Zainal Abidin, yang menghasilkan susunan:

  • Ketua : Mohammad Shodiq
  • Sekretaris : Miftahul Fikri
  • Bendahara : Mohammad Fikriansyah.

Reporter: Winarto