Launching Buku Warnai Pengukuhan PR Muhammadiyah Se Cabang Paciran

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Pengukuhan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) dan Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) Se Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Paciran yang diselenggarakan hari Senin (25/12/2023). Kegiatan ditempatkan di halaman SMP Muhammadiyah 12 Paciran Lamongan diwarnai dengan Launching Buku.

Momen Launching Buku merupakan bagian dari mata acara yang dijadwalkan, karena bagian dari salah satu acara yang penting. Buku dengan judul “Terbitnya Matahari di Sendangagung” adalah sejarah lahir dan perkembangan Muhammadiyah di Desa Sendangagung Paciran.

Buku “Terbitnya Matahari di Sendangagung” ditulis Fathurrofiq, MPd (Dosen STIQSI Ponpes Al-Ishlah), Gondo Waluyo, MA (Guru Ponpes Al-Ishlah dan Wartawan Portal), Roziq Zainudin, SKom (Aktivis HMI dan Advokat Sosial), dan Taslimun, MA (Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Buku diterbitkan Masa Kini Yogyakarta diberi pengantar; Prof Dr H Zainudin Maliki, MSi (Anggota DPR RI Komisi X), Prof Dr H Biyanto, MAg (Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya dan Sekretaris PMW Jatim), dan Yuhronur Efendy, MBA (Bupati Lamongan). Sedangkan penyunting buku adalah Ust Drs H Agus Salim, MPdI (Kepala MA Al-Ishlah Sendangagung Paciran dan Wakil Ketua PCM Paciran).

Launching Buku dipandu Ust Agus, demikian panggilan akrabnya, menjelaskan isi buku yang terdiri dari 8 pokok bahasan. Di antaranya; 1) Genealogi dan Geografi, 2) Gelombang Islamisasi, 3) Relegiusitas sebelum Muhammadiyah, 4) Jalan Sejarah Muhammadiyah, 5) Ide Mendirikan Muhammadiyah, 6) Merintis AUM, 7) Figur Tokoh Muhammadiyah, dan 8) Prospek dan Tantangan Muhammadiyah.

Prof Dr H Zainudin Maliki, MSi turut hadir dalam Launching Buku tersebut memberikan momentar, “Buku dengan judul Terbitnya Matahari di Sendangagung memang sejarah berskala tetapi jangan khawatir buku tersebut akan menjadi rujukan internasional,” jelas mantan Rektor UM Surabaya.

“Ada contoh buku hasil penelitian lokal di Mojokuto Jawa Timur menjadi buku referensi peneliti internasional, buku yang ditulis antropolog Amerika Serikat, Clifford Geertz. Bukunya berjudul Relegion of Java yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia dengan judul; Santri, Abangan, dan Priyayi dalam Masyarakat Jawa,” pungkasnya.

Prof Dr H Abdul Mukti, MEd (Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah) saat memberikan ceramah Tabligh Akbar dan Milad Muhammadiyah Ke 111 Tahun, turut serta memberikan komentar positif tentang Launching Buku dengan jumlah 171 halaman tersebut.

“Menulis buku merupakan tradisi yang perlu dilestarikan di Muhammadiyah, karena salah satu kunci kesuksesan adalah tradition of writing. Bisa dimulai dengan sejarah masing-masing Pimpina Ranting. Contoh Alquran dan Hadits yang sampai kepada kita adalah hasil tulisan para sahabat di berbagai benda yang kemudian dibukukan,” jelasnya.

Setelah peluncuran buku, Ust Agus memberikan kesempatan kepada pelaku Sejarah Berdirinya Muhammadiyah di Sendangagung, tokoh Muhammadiyah, perwakilan PCM, PCA, PDM, PDA dan pejabat pemerintah yang hadir untuk menerima cinderamata buku tersebut dari salah satu penulisnya (Ust Gondo Waluyo, MA).

Reporter: Efendy