Pemkab Lamongan Gelar Apel Peringatan Hari Ibu Ke 95

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Peringatan Hari Ibu Ke-95 Tahun 2023, Pemkab Lamongan kembali menggelar pelaksanaan apel dengan petugas dan anggota apel yang hampir keseluruhannya diisi oleh karyawati OPD instansi di lingkup Pemerintah Kabupaten Lamongan, Jumat (22/12/2023)

Bupati Lamongan Yuhonur Efendi memimpin pelaksanaan apel mengatakan bahwa momentum ini merupakan apresiasi untuk kemuliaan peran perempuan.

Peringatan Hari Ibu ini mengambil tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju, diharapkan dapat menjadi spirit bagi kaum perempuan agar terus berjalan beriringan dengan kaum laki-laki (equal partnership) dalam rangka mengakselerasi pembangunan berbagai aspek kehidupan, menuju Indonesia emas 2045.

“Di tengah era disrupsi dan digitalisasi yang begitu pesat, tidak boleh menyurutkan semangat kita untuk menjalankan agenda strategis memajukan perempuan. Saya mendorong seluruh instansi dan stakeholder agar terus memberikan pemahaman dan kemampuan akan pentingnya eksistensi perempuan,” ungkap Bupati Yuhronur.

Ditambahkan mantan Sekda ini, kebijakan pemerintah juga dukungan seluruh pihak utamanya perempuan telah memberikan kontribusi besar terhadap pengarusutamaan gender di Kabupaten Lamongan. Dimana pada tahun 2022 indeks pembangunan gender di Lamongan sebesar 89,50 (sangat baik), serta pemberdayaan gender dengan pencapaian sebesar 75,49 (dalam kondisi baik).

Untuk itu, lanjutnya diharapkan ini akan terus dapat ditingkatkan dan menjadi lebih baik di tahun 2023 dan tahun-tahun kedepannya.

Diungkapkan Bupati Yuhronur sebagai hadiah Hari Ibu, alhamdulillah saya mewakili Lamongan memperoleh apresiasi dari Gubernur Jawa Timur sebagai Kepala Daerah dengan Komitmen Terbaik dalam Pengembangan Desa / Kelurahan Ramah Perempuan Peduli Anak.

“Mari kita lanjutkan berjuang untuk perempuan Lamongan bebas dari segala bentuk tindak kekerasan dan pelecehan. Saya juga mengajak seluruh perempuan Lamongan untuk terus berkarya, menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, sehingga bisa memberikan keyakinan besar bahwa perempuan dapat meningkatkan kualitas hidup serta mengembangkan segala potensinya agar berdaya saing,” pungkasnya

Reporter Fathurrahim Syuhadi