Muskerda MUI Lamongan Perkuat Peran Ulama dalam Menjaga Persatuan Masyarakat

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Musyawarah Kerja Daerah (Muskerda) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lamongan dibuka Wakil Bupati Lamongan KH Abdul Rouf. Kegiatan Muskerda ini bertempat di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Rabu (20/12/2023)

Musyawarah Kerja Daerah ini diikuti oleh Pengurus MUI Lamongan, para Ketua dan Sekretaris MUI Kecamatan se-Kabupaten Lamongan. Kegiatan ini digelar guna meningkatkan kualitas pelaksanaan program-program MUI Lamongan yang telah direncanakan.

Wakil Bupati Lamongan KH Abdul Rouf pada saat membuka Musyawarah Kerja Daerah MUI Lamongan berpesan mengenai peran penting Ulama dan MUI sebagai mitra strategis Pemerintah dalam menjaga persatuan masyarakat.

“Ulama memiliki peran sebagai pemersatu umat. Persatuan umat ini takkan terwujud tanpa berpegang teguh pada Al-Quran dan As-Sunnah. MUI sebagai organisasi mampu menjadi mediator agar konflik sosial dapat dicegah dan diselesaikan,” jelas KH Abdul Rouf

Wabup Rouf berharap Muskerda MUI Lamongan ini mampu melahirkan berbagai solusi. Utamanya untuk menguatkan peran MUI dalam menghadapi berbagai tantangan, seperti ideologi-ideologi Islam transnasional.

“Terutama pada masa seperti ini memasuki tahun politik menjelang Pemilu 2024, kerap muncul politik identitas berbasis agama yang berpotensi akan menciptakan jurang pemisah antar kelompok umat beragama di Indonesia. Saya percaya bahwa MUI Lamongan sebagai mitra pemerintah akan mampu menjaga keutuhan bangsa,” tegasnya

Sementara itu, perwakilan MUI Provinsi Jawa Timur Drs. Saifudin Zaini, M.Pd turut menyampaikan pesan yang sama mengenai pentingnya menjaga kerukunan di masa Pemilu 2024.

“Umat kita harus saling menghargai dan menghormati perbedaan. Jangan sampai karena Pemilu, orang tua dan anak geger, tetangga geger. Maka, tujuan Muskerda MUI ini salah satunya adalah mencegah hal itu terjadi,” ujar Saifudin Zaini.

Ketua Panitia Musyawarah Kerja Daerah (Muskerda) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lamongan M Ma’sum Luthfillah, M.Pdi mengungkapkan bahwa Muskerda kali ini mengangkat tema Peran Penting Ulama dalam Menjaga Ukhuwah Menyongsong Pemilihan Umum Tahun 2024 yang Jujur dan Adil.

“Pada rapat ini akan dibahas program-program dari setiap komisi yang berkaitan dengan tema tersebut,” pungkasnya

Reporter Fathurrahim Syuhadi