Dua Minggu di PENS, 20 Mahasiswa Singapura Belajar Teknologi dan Budaya

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews.com –
Selama 2 minggu kemarin, 18 mahasiswa beserta 2 dosen pendamping dari Institute of Technical Education (ITE) mengikuti kegiatan student exchange di kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Kegiatan yang diprakarsai oleh Temasek Foundation ini memberikan beasiswa kepada peserta dari kedua negara untuk belajar dan sekaligus mengenal budaya (17/12/2023)

Senang melihat mahasiswa dari ITE dan PENS saling berinteraksi dan bertukar pengalaman. Mereka bisa lebih akrab melalui berbagai kegiatan. Kami upayakan untuk mendukung dan menyiapkan berbagai kegiatan agar mahasiswa juga dapat lebih mengembangkan diri, baik dari sisi keilmuan maupun wawasan dan pengalaman berharga lainnya, termasuk membina dan mempererat hubungan antar negara tutur Iwan Syarif, Ketua Kantor Urusan Internasional PENS di sela-sela acara.

Siang itu, tampak beberapa mahasiswa mengikuti perlombaan bakiak antar tim di Auditorium lt.6 Gedung Pasca Sarjana Terapan PENS. Lomba yang diselenggarakan setelah pagelaran tari daerah ini sebagai bentuk kegiatan mengenalkan budaya Indonesia. Setiap tim yang terdiri dari campuran mahasiswa ITE dan PENS ini berkompetisi menjadi yang tercepat mencapai finish pada perlombaan bakiak. Tak ketinggalan tepuk tangan dan riuh teriakan penyemangat meramaikan keseruan perlombaan karena tidak sedikit anggota tim yang jatuh.

Kegiatan student exchange ini diawali dengan kunjungan mahasiswa dan dosen PENS ke Singapura pada bulan September lalu. Selama di Singapura, mahasiswa PENS mengikuti kegiatan Company Visit, dengan topik Sustainable Energy.

Mahasiswa PENS diajak berkunjung ke Perusahaan air minum milik negara di Singapura. Di sana mereka belajar bagaimana Singapura mengatasi permasalahan pemenuhan kebutuhan air yang sebelumnya sempat melakukan import air bersih dari Malaysia. Di samping juga mengikuti beberapa kegiatan keakraban dan sharing session.terang Iwan.

Pendamping mahasiswa ITE Singapura, Ms. Ester, Chan Yi Xian menyampaikan apresiasi atas sambutan hangat dari PENS. Semua kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa ITE menurutnya sangat bermanfaat dan dapat menambah kapasitas personal.

We can learn each other especially about culture and technology. And I hope this collaboration can continue in the future kata Ms. Ester.

Diwawancarai di ruang kerjanya, Alirido Barakbah, Direktur PENS menyampaikan jika kegiatan ini merupakan kegiatan positif dan tentunya membawa banyak manfaat bagi PENS.

Pertukaran mahasiswa ini akan mempererat hubungan antara Singapura dan Indonesia terutama dari sisi pendidikan kata Aliridho.

Secara institusi, menurut Aliridho kegiatan ini dapat membawa nama PENS di lingkungan Pendidikan Tinggi Vokasi di Singapura. Kegiatan ini tentunya akan lebih mengenalkan PENS tidak hanya di Asia, bahkan di dunia internasional.

Mengenalkan mahasiswa ke dunia luar dapat menambah wawasan sekaligus rasa percaya diri mereka. Menanamkan keberagaman, sehingga menumbuhkan jiwa memahami perbedaan imbuh beliau.

Terkait kerjasama, beliau juga berharap ke depannya PENS dan ITE dapat menginisiasi adanya penelitian bersama baik antar mahasiswa, maupun dosen-dosennya dengan mengoptimalkan laboratorium kedua belah pihak.

Selama di Indonesia, para mahasiswa ini juga diajak mengunjungi beberapa tempat yang berhubungan dengan pembangkitan energi seperti PLTGU Gresik dan PLTU Grati Pasuruan, selain mengikuti workshop belajar di laboratorium yang ada di PENS.

Reporter : Rofara