Anggota KPU Surabaya Sosialisasi Pesta Demokrasi SMPM Jipat Karangasem Lamongan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Salah satu organisasi intra SMP Muhammadiyah 14 Pondok Pesantren Karangasem (SMPM Jipat) Paciran, Lamongan yang tergabung dalam Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) menyelenggarakan pesta demokrasi selama dua hari.

Pesta demokrasi versi PR IPM SMPM Jipat Karangasem meliputi dua tahapan; pertama sosialisasi yang diikuti oleh seluruh peserta didik, hari Ahad (17/12/2023). Sedangkan Tahapan kedua pemungutan suara diselenggarakan hari Senin (18/12/2023). Panitia penyelenggara menyediakan 4 bilik pemungutan suara layaknya Pemilihan Umum (Pemilu).

Kegiatan tahapan sosialisasi pesta demokrasi dipandu Suminto, MPd (Wakil Kepala SMPM Jipat Bidang Kesiswaan). Sedangkan sambutan dan pembukaan resmi kegiatan oleh Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMPM Jipat Karangasem, Hj. Siti Mutohhiro, MPd.

Pada tahap sosialisasi disampaikan Alfian A. Yusroni (Anggota KPU Kota Surabara) merupakan alumni SMPM Jipat Karangasem tahun 2015. Kedatangan pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum PR IPM SMPM Jipat Karangasem untuk silaturrahim dan berbagi wawasan tentang Pemilu kepada adik-adik kelasnya.

Alfian A. Yusroni berbagi pengetahuan tentang Pemilu berdasarkan Undang-undang, Sejarah Pemilu di Indonesia, Penyelenggara Pemilu, Apa saja yang dipilih dalam Pemilu Serentak 2024, Partai Politik Peserat Pemilu 2024, Syarat-syarat menjadi pemilih dalam Pemilu Serentak 2024.

“Sebagai alumni, saya bangga menjadi bagian dari SMPM Jipat karena dari saya belajar dasar-dasar berorganisasi dan kemandirian. Terima kasih kepada bapak/ibu guru dan Pembina IPM yang telah memberikan bekal berharga sebagai modal untuk mengembangkan di jenjang Pendidikan lanjutan,” tuturnya.

Selanjutnya, Hj Siti Mutohhiro, MPd., dalam sambutannya menjelaskan, “Kegiatan Suara Demokrasi merupakan kegiatan pemilihan pengurus atau pimpinan organisasi ekstrakurikuler merupakan bagian dari kurikulum dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),” jelas guru mata pelajaran IPA.

“Kegiatan P5 ini betemakan: Menuju Generasi Unggul, Berkebinekaan Global, Gotong Royong, Kreatif dan Inovatif. Tema tersebut sabagai salah satu bentuk tanggungjawab SMPM Jipat menyiapkan kader-kader yang mandiri dan tangguh dalam percaturan dunia global,” pungkasnya.

Selanjutnya Bu Siti, demikian panggilan akrabnya menjelaskan bahwa kegiatan P5 dilaksanakan memanfaatkan waktu setelah Penilaian Sumatif Akhir Sekolah (PSAS) di semester gasal. Jadi ada jeda waktu sepekan untuk menunggu penerimaan raport semester gasal Tahun Pelajaran 2023-2024.

Selamat melaksanakan pesta demokrasi PR IPM SMPM Jipat Karangasem Paciran Lamongan. Semoga lahir pimpinan yang memiliki sifat-sifat sebagaimana yang ditinggalkan Nabi Muhammad SAW, yaitu Shidiq, Tabligh, Amanah, dan Fathonah (STAF).

Reporter: Efendy