STAIM Karangasem Lamongan Sharing Session dan Study Kampus dengan UM Surakarta

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan mengadakan Sharing Session dan Study Kampus dengan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (16/12/2023).

Sharing Session dan Study Kampus diikuti 47 mahasiswa semester 1 dan 40 mahasiswa semester 2. Sedangkan dosen pendamping berjumlah 13 orang dan 3 tenaga kependidikan, serta 1 tenaga kebersihan. Rombongan berangkat dari Paciran hari Jumat (15/12/2023) pukul 21.00 WIB sampai di kampus Universitas Muhammadiyah (UM) Surakarta pukul 03.00 WIB.

Rombongan STAIM Karangasem Paciran bersiap-siap menuju masjid untuk salat subuh berjamaah dan mengikuti kultum dari sang imam. Selanjutnya menuju penginapan untuk mandi dan sarapan, serta persiapan mengikuti acara Sharing Session di Aula Jazman Alkindi FAI UM Surakarta. Setelah acara, mahasiswa keliling area kampus untuk berwisata pendidikan.

Dekan FAI UM Surakarta, Dr Syamsul Hidayat, MAg, menyampaikan dalam sambutannya, “Selamat datang di kampus dan terima kasih atas silaturrahim pada hari ini. Perlu saya ceritakan bahwa sebenarnya FAI di sini termasuk Fakultas yang paling kecil atau sedikit mahasiswanya,” jelasnya.

“Alhamdulillah, sekarang posisi FAI sudah berada di tengah-tengah setelah melalui proses dan perjalanan panjang. Di sini terdapat 7 Prodi (Program Studi) dengan rincian; 3 Prodi S1, 3 Prodi S2 masing-masing Prodi PAI, HES, Ilmu Qur’an Tafsir, dan 1 Prodi S3 PAI. Saya persilahkan kepada bapak/ibu dosen dan mahasiswa bisa melanjutkan S2 dan S3 di sini,” pungkasnya.

Dr Syamsul Hidayat, MAg berharap ke depan bisa bekerja sama dengan STAIM Karangasem sebagai sesama PTM sehingga menjadi kampus yang bermartabat dan tangguh. Semoga suatu saat kami berharap bisa silaturahim ke STAIM Karangasem, pasti ada sesuatu yang khas yang bisa ditemukan dan berbeda dengan di kampus UM Surakarta.

Sementara itu, Ketua STAIM Karangaasem Paciran, Yusuf Wibisono, SS. M.Pd.I., memberikan sambutan, “Terima kasih kepada keluarga besar FAI UM Surakarta yang telah menyambut kami dengan sangat baik di acara Sharing Session dan Study Kampus pada kesempatan hari ini,” jelasnya.

“Saya berharap acara hari ini bisa memberikan motivasi dan semangat bagi mahasiswa. Kami bersyukur acara berjalan dengan lancar dan sukses, semoga mendapatkan barakah dari Allah,” pungkas pria asal Sedayulawas Brondong.

Dalam sesi Sharing Session dari UM Surakarta diwakili Muhammad Zaki Azani, SThI MEd PhD (Kepala Prodi PAI) membawakan tema “Pendidijan Islam Berkemajuan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah”. Sedangkan dari STAIM Karangasem disampaikan Hj Umi Rosyidah, MPdI dengan tema “Pendidikan Karakter Islam sebagai Landasan dalam Mengatasi Bullying pada Era Revolusi 5.0”.

Selesai Sharing Session, acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama (MOU), pemberian cinderamata, ramah tamah, dan foto bersama. Acara dilanjutkan wisata belanja di Pasar Klewer kota Surakarta dan salat isya di Masjid Syaikh bin Zayed (MBZ) dan kembali ke rusunawa UM Surakarta.

Reporter: Efendy