INTENSIVITAS GAMELAN dalam Parade Gamelan 2023

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, melalui UPT. Taman Budaya Provinsi Jawa Timur dan Seniman di Jawa Timur, menyelenggarakan Parade Gamelan 2023 dengan tema Intensivitas Gamelan.

Dalam menyongsong dan memperingati Gamelan sebagai warisan dunia yang tak benda, yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 2023, jam 19:00 – 21:30 WIB, di Taman Budaya Jawa Timur (Gedung Cak Durasim), Jl. Gentengkali 85 Surabaya.

Tema Intensivitas Gamelan. Istilah ini sering diartikan sebagai ketekunan para seniman secara terus-menerus untuk mempresentasikan kreativitasnya dalam proses mewujudkan karya, dengan pendekatan khasanah lokalitas karawitan yang meliputi kreativitas, inovasi, multi disiplin, lintas gaya-garap, dan sebagainya, keterangan dari Eddy Supriyanto, S.STP., M.PSDM selaku Plt Kadisbudpar Jatim, kepada Lintasjatimnews.com, lewat komunikasi WhatsApp.

Merawat gamelan sebagai instrumen warisan musik yang berselaras dengan kemajuan kebudayaan. Daya kreativitas dan inovasi karya para seniman musik di Jawa Timur yang cukup melimpah. Kesadaran ruang presentasi dan jejaring seni yang masih sangat penting dibangun dengan sikap militansi dan intensitas. Kontinuitas dan intensitas para pelaku seni tradisi dalam suasana apapun, tegas Eddy.

Menyemarakkan kesenian di Jawa Timur untuk memberi porsi kepada pelaku seni tradisi (Gamelan) untuk lebih tampil dipublik dalam rangka membawa karya yang lebih kreatif, yang sesuai dengan pemajuan kebudayaan, imbuhnya.

Parade Gamelan ini akan diadakan di Taman Budaya sebagai bentuk ajang dan laboratorium pementasan karya seni dan kedepannya bibit-bibit seniman menciptakan karya inovatif melalui gamelan dalam taraf tingkat yang lebih tinggi.

Tujuan dan Manfaat:
• Menjadi sarana menumbuh kembangkan kehidupan dan kreativitas komposisi musik dengan media gamelan di Jawa Timur.
• Menjadi ruang apresiasi seni musik.
• Menjadi ajang silaturahmi dan jejaring seni antar pelaku seni musik dan juga masyarakat seni pada umumnya.
• Menjadi sarana rekam jejak (dokumentasi) dalam wujud komposisi karya dan bentuk lainnya.
• Parade Gamelan tahun 2023 merupakan ajang untuk menyemarakan hari Gamelan Dunia.
• Tidak bersifat kejuaraan.

Pertunjukan karya musik dari tiga Komposer dan satu komunitas Macapatan yang akan dipentaskan di gedung Cak Durasim, diantaranya adalah sebagai berikut :
• Joko Porong (Surabaya)
• Sutrisno Setya Hartana (Canada)
• Francisco Ugalde (Ekuador)
• Komunitas Macapatan Sekar Palupi dari Kabupaten Sidoarjo

Dalam Parade Gamelan 2023 juga menampilkan tiga Penyaji Tamu, yakni :
• Lan Tung (Canada)
• Anis Wiji Astuti (Yogyakarta)
• Smiet Lalove (Palu)

Seniman (individu/kelompok) yang memiliki intensitas tinggi dalam proses kekaryaan (media gamelan) di Jawa Timur maupun lingkup internasional dan mempunyai kepedulian terhadap khasanah Gamelan dalam kebudayan.

Apresiator musik yang mulai berjarak dengan kegiatan kekaryaan musik dari siswa sekolah dalam rangka pendidikan menumbuh-kembangkan apresiasi seni.

Dapat tampilannya bisa berupa karya musik baru yang sudah ada atau pengembangan karya keduanya. Adapun durasi Tampilan Karya antara 15-20 Menit.

Karya musik yang ditampilkan merupakan hasil dari proses kekaryaan yang berangkat melalui khasanah karawitan atau gamelan dan perspektifnya.

Reporter: cak bas