Program Modul Nusantara PMM Unair Bertempat di LKSA Yatim Karangasem Lamongan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang ditempatkan di Universitas Airlangga (Unair) telah berjalan pada periode Semester Gasal 2023-2024.

Selanjutnya Unair menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang dikemas dalam Modul Nusantara. Kegiatan Modul Nusantara merupakan kegiatan yang difokuskan untuk menciptakan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial yang didesain melalui pembimbingan secara beruntun dan berulang.

Sebagaimana dijelaskan dalam surat dari direktur Direktorat Pendidikan Unair bahwa tujuan kegiatan Modul Nusantara memperkenalkan kebudayaan Nusantara yang bersumber dari berbagai golongan, suku, ras, agama, dan kepercayaan, serta menambah pemahaman yang mengedepankan makna toleransi pada mahasiswa.

Acara pembukaan kegiatan Modul Nusantara bertempat di Aula KH Yasin Syamsuri Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Yatim Muhammadiyah Karangasem (LKSA Yatim Karangasem) Paciran, Kamis (14/12/2023). Peserta PMM yang hadir berjumlah 50 mahasiswa, 2 dosen pendamping, dan 2 liaison officer, serta pengurus LKSA.

Ketua LKSA Yatim Karangasem, Drs H Ahmad Amin, menjelaskan, “Saya menyampaikan terima kasih kepada Ibu-ibu dosen pendamping mahasiswa atas kepercayaan dan kerjasamanya memilih LKSA ini sebagai tempat dan sasaran program Modul Nusantara PMM dari Unair,” jelas pria yang pernah menjadi Ketua STAIM Karangasem.

“Alhamdulillah siswa-siswi yang bermukim di asrama ini memperoleh tambahan pengetahuan, wawasan, bingkisan yang menarik dari mahasiswa yang melaksanakan program, dan penghijauan atau penaman pohon. Semoga kegiatan berbagi baik ini bermanfaat bagi siswa-siswi dan bantuan lainnya dapat dimanfaatkan,” pungkasnya

Dosen pendamping program Modul Nusantara PMM dalam obrolan santai, Dra Mustainah, MKes menyampaikan terima kasih kepada Pak Amin dan pengurus lainnya, serta siswa-siswi yang telah menerima kami dengan baik dan penuh kekeluargaan. Ia berharap, semoga silaturrahim ini bermanfaat bagi keluaraga LKSA Yatim Karangasem, mahasiswa, dan kampus Unair.

Salah satu perwakilan mahasiswa progam PMM asal Sulawesi Tengah, Moh Fiqran, menyampaikan, “Saya sangat bahagia bisa mengikuti kegiatan Modul Nusantara ini, pokoknya luar biasa. Saya berharap program serupa bisa diadakan kembali dengan bentuk dan model kegaiatan yang berbeda. Saya juga berdoa semoga pengurus dan siswa-siswi LKSA ini bisa berkunjung ke Sulteng,” jelas mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Tadulako Kota Palu.

Dalam sehari program Modul Nusantara PMM di LKSA Yatim Karangasem telah terlaksana dengan baik dan lancar, di antaranya; edukasi kesehatan reproduksi, aksi sosial/bantuan sembako, pemeriksanaan kesehatan, penanaman pohon, dan door prize, serta beragam kegiatan motivasi dari mahasiswa kepada siswa-siswi LKSA Yatim Karangasem.

Reporter: Efendy