Disdik Kabupaten Lamongan Selenggarakan Sosialisasi E-Kinerja Bagi Guru PNS DPK

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan menyelenggarakan Sosialisasi E-Kinerja dan Pembinaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Guru DPK (Dipekerjakan) di SMP Swasta, Rabu (13/12/2023) yang ditempatkan di SMP Islam Sekaran Lamongan.

Kegiatan Sosialisasi E-Kinerja dan Pembinaan PNS diikuti 30 Guru DPK yang tersebar di SMP Swasta Kabupaten Lamongan. Acara dihadiri Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (Kabid GTK) Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan (Sri Utami, SPd MPd.) dan Suwono, MPd (Kepala SMP Ngeri 3 Ngimbang) sebagai tutor E-Kinerja.

Penggunaan aplikasi E-Kinerja dapat mempercepat pelayanan kepegawaian seperti layanan perencanaan kepegawaian, pengadaan ASN, kenaikan pangkat, pemberhentian, peremajaan data, pindah instansi, status dan kedudukan, dashboard dan monitoring, serta layanan referensi.

Jadi aplikasi e-Kinerja Badan Kepegawaiaan Negara (BKN) dapat dimanfaatkan oleh instansi pemerintah untuk pengelolaan kinerja pegawai ASN mulai dari penyusunan SKP hingga penilaian SKP dan tindak lanjut menjadi lebih mudah, efektif, efisien, serta akuntabel.

Sri Utami, SPd MPd, Kabid GTK Disdik Lamongan menyampaikan dalam sambutannya, “E-Kinerja merupakan aplikasi penilaian kinerja PNS secara online dengan kesempatan 6 kali dalam satu tahun. Sebelumnya setahun 2 kali penilaian dalam setiap 6 bulan sekali,” jelasnya.

“Guru PNS dengan kinerja yang baik sebagai modal untuk kenaikan pangkat secara online akan berdampak dalam peningkatan kesejahteraan guru. Maka guru sekarang dituntut untuk bekerja lebih ekstra, guru jangan bilang sekarang kok repot caranya berbeda dengan zaman dulu gampang,” pungkasnya.

Selanjutnya Sri Utami, SPd MPd, menyampaikan pesan Kepala Disdik Lamongan kepada guru DPK PNS dalam menjalankan tugas di SMP-nya masing-masing tentang gerakan 4 pilar; sekolah sehat, sekolah adiwiyata, sekolah ramah anak, dan akreditasi perpustakaan sekolah. Keempat pilar tersebut menjadi bagian program Kabupaten Lamongan dalam bidang pendidikan.

Suwono, MPd, selaku totor menjelaskan, “Mengisi E-Kinerja harus mengetahui tata urutannya agar tidak terjadi kekeliruan dalam mengisi. Di samping itu, atasan langsung sudah terisi identitasnya agar tahapan dan uraian yang terisi dapat otomatis tersimpan. Jangan sampai sudah mengisi tetapi yang telah diisikan menjadi hilang tanpa bekas,” jelasnya.

E-Kinerja sebagai salah satu syarat untuk persiapan dalam mengisi PAK (Penilaian Angka Kredit) Integrasi. Suwono, MPd menjelaskan dengan rinci tahapan yang dilalui dalam mengisi E-Kinerja dan membimbing Guru-guru PNS DPK secara teknis sampai selesai. Namun demikian, masih perlu bimbingan teknis dalam mengirim data pendukung secara online.

Forum Guru PNS DPK SMP Swasta Kabupaten Lamongan mengagendakan pertemuan berikutnya. Rencana kegiatan akan ditempatkan di SMP Muhammadiyah 27 Paciran minggu depan. Adapun tujuan kegiatan untuk menverifikasi dan menvalidkan data secara keseluruhan supaya segera mendapat persetujuan.

Reporter: Efendy