Klinik Karangasem Lamongan Adakah Edukasi Prolanis, Inilah Manfaatnya!

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Klinik Pratama Ponpes Karangasem Paciran Lamongan mengadakan program kegiatan Penanggulangan Penyakit Kronis (Prolanis), seperti; Diabetes Melitus (DM) dan Hipertensi (HT). Kegiatan diadakan hari Jum’at (8/12/2023)

Acara Prolanis bertempat di Aula KH Abdurrahman Syamsuri Ponpes Karangasem yang diikuti guru, tenaga kependidikan, pengasuh LKSA, dan karyawan amal usaha Karangasem. Peserta mengikuti Skrining riwayat kesehatan, Senam Prolanis yang dipandu Instruktur senam, dan edukasi, serta penyuluhan kesehatan.

Peserta Prolanis dihimbau membawa fotokopi kartu BPJS Faskes Klinik Pratama Karangasem (bagi yang mempunyai BPJS). Selain itu, peserta diharuskan berpuasa minimal 8 jam sebelum dimulai. Sebelum Pukul 06.00 WIB peserta sudah antrian untuk melakukan skrining riwayat kesehatan, setelah selesai skrining dilanjutkan senam Prolanis.

Direktur Klinik Pratama Karangasem, dr. Abdul Latif Qoyum, menjelaskan dalam edukasi kesehatan, “Terdapat dua penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan secara medis, seperti; Diabetes Melitus dan Hipertensi. Namun demikian, penderita bisa tetap beraktivitas dengan sehat dan normal seperti lainnya,” jelasnya.

“Pola hidup sehat dan tetap menjalankan kegiatan dengan rutin dengan melakukan empat hal berikut; Cek gula darah secara rutin, minimal 1 bulan sekali. Senam rutin minimal 2 kali dalam seminggu, mengatur pola makan dengan asupan kalori sehingga menghasilkan glukosa, dan pola pikir untuk menghindari stress.

dr. Abdul Latif Qoyum menambahkan penderita DM fungsi pankreasnya sudah rusak sehingga tidak bisa menetralisir makanan atau gula dengan baik. Pola pikir juga dapat mempengaruhi kerja pankreas, maka penderita DM jangan berpikir berat-berat sehingga berdampak gula darah menjadi naik. Kita wajib percaya dan yakin bahwa yang menyembuhkan segala macam penyakit adalah Allah, manusia hanya berikhtiar.

Salah satu peserta Prolanis, Ni’ayah, SAg, “Kegiatan Prolanis yang diselenggarakan Klinik Karangasem ini sangat bermanfaat. Bukan hanya bagi penderita, tetapi juga sangat penting bagi yang tidak mempunyai Riwayat DM dan HT agar lebih berhati-hati dalam pola makan dan hidup. Hari ini kita mendapat edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan,” jelas kepala MIM 16 Karangasem Paciran.

Peserta berharap kegiatan Prolanis dapat diselenggarakan secara intensif oleh Klinik Pratama Karangasem Paciran Lamongan. Peserta menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara atas informasi, ilmu, dan wawasan yang telah diberikan. Salam sehat selalu.

Reporter: Efendy