Menakjubkan, Ada Anak PAUD Main Jidor di Sanggar SMPM 12 Paciran

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Ada hal yang mengejutkan saat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aisyiyah Sendangagung Paciran Lamongan Jawa Timur berkunjung ke Sanggar Jidor Surya Nada SMPM 12 Paciran, ada yang bisa bermain musik tradisional jidor di dalamnya, Senin, 4/12/2023.

Kegiatan yang melibatkan 75 (putra-putri) anak PAUD Aisyiyah Sendangagung ini bernama; Yuk, Jidoran dengan mengambil tema Kesenian Jidor.
Tujuan kegiatan ini dalam rangka mengenalkan kesenian yang ada di Desa Sendangagung yaitu jidor beserta alat-alatnya.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala PAUD Aisyiyah Sendangagung, Nor Zubaidah SPd. Turut juga membersamai kegiatan ini guru yang lain; Yuslina Fera Wiyana SE, Ika Fanani SPd, Lisa Fironika SPd, Mahfudloh SAg dan Mila Pristianti SPd.

Ibu Baidah (biasa disapa) sangat berkesan saat hadir di sanggar jidor Surya Nada ini, “Alhamdulillah antusias anak-anak sangat tinggi karena bisa melihat, memegang dan mempraktekkan secara langsung alat musik tradisional jidor. Apalagi saat menyanyikan lagu Sang Surya anak-anak dengan senang dan semangat menyanyikan sambil memainkan musik secara serempak”, ungkap ibu kelahiran 1970 ini.

Sementara itu Gondo Waloyo MA dan Iwantoro SPd, koordinator Musik Jidor Surya Nada SMPM 12 Sendangagung menyambut kehadiran anak-anak belia itu dengan penuh semangat dan ramah dan setelah mengucapkan selamat datang maka dilanjutkan dengan mengenalkan nama – nama dan cara main alat jidor satu persatu.

Usai diterangkan nama dan cara mainnya maka atas komando Bapak Iwantoro, anak-anak PAUD ini diajak main jidor bersama dengan dipandu Baza dan Fahmi dua pemain jidor Surya Nada yang duduk di kelas 9 SMPM 12 Sendangagung.

Wal hasil diketahui tanda-tanda bakat main pada anak bau kencur ini. Bahkan Fauzan Karim putra pasangan Hasan dan Ida Fitria sudah hafal ketukan jidor, sehingga musik ini kian rancak bunyinya. Hal itu tentu membuat takjub gurunya, karena secara spontan ada yang sudah bisa main.

“Bakat dan kemampuan Fauzan Karim diakui mulai tumbuh karena dia sering ikut nonton saat ada latihan jidor di SMPM 12 ini”, pungkas Iwantoro.

Reporter Gondo Waloyo.